ADVERTISEMENT

Ini Aturan Resepsi Pernikahan Terbaru Saat PPKM Level 3 Diberlakukan

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 09 Feb 2022 11:30 WIB
masker pengantin Aturan resepsi pernikahan terbaru PPKM level 3. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Iggoy el Fitra
Jakarta -

Bagi kamu calon pengantin yang akan menggelar pernikahan dalam waktu dekat, wajib tahu aturan resepsi pernikahan terbaru saat PPKM level 3 yang diberlakukan pemerintah. Apa aturannya?

Pemerintah menaikkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek menjadi level 3 pada Senin (7/2/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kebijakan ini diambil setelah menyoroti lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Jabodetabek, DIY, Bali Bandung Raya akan ke level 3," ujar Luhut dalam jumpa pers disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Pemberlakuan PPKM level 3 ini membuat sejumlah kegiatan harus dibatasi. Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 9/2022 terkait aturan berkegiatan di masa PPKM level 3.

Aturan Resepsi Pernikahan Terbaru Saat PPKM Level 3

Salah satu yang tertuang dalam aturan Inmendagri Nomo 9/2022 itu adalah mengenai acara resepsi pernikahan. Pasangan pengantin yang akan menggelar resepsi pernikahan di saat PPKM level 3, harus membatasi jumlah tamu di dalam ruangan acara.

Pengantin tetap dapat menggelar resepsi pernikahan saat PPKM level 3. Namun kapasitas tamu undangan di dalam ruangan resepsi harus dibatasi maksimal 25%.

"Pelaksanaan resepsi pernikahan dapat diadakan dengan maksimal 25% (dua puluh lima persen ) dari kapasitas ruangan dan tidak mengadakan makan di tempat dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat," demikian bunyi peraturan yang tertulis dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 9/2022.

Aturan resepsi pernikahan di mana tamunya di dalam ruangan dibatasi maksimal 25% ini berlaku sejak dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 7 Februari 2022. Dan aturan resepsi pernikahan ini berlaku hingga 14 Februari 2022.

Adapun provinsi yang masuk dalam PPKM level 3 dan harus menerapkan aturan resepsi pernikahan terbaru ini adalah: DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.



Simak Video "Antisipasi Pengelola Gedung Pernikahan saat PPKM Level 3 "
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)