PPKM Jabodetabek Kini Level 3, Ini Aturan ke Mal dan Gelar Pernikahan

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 07 Feb 2022 14:15 WIB
Young asian woman wearing surgical mask shopping in clothes store at the mall, New normal and lifestyle concept Foto: Getty Images/iStockphoto/kitzcorner
Jakarta -

Meningkatnya kasus Corona membuat pemerintah akhirnya menaikkan status PPKM di beberapa wilayah, termasuk Jabodetabek. PPKM di Jakarta yang beberapa waktu lalu sudah naik ke level 2 kini menjadi level 3. Hal tersebut tentu bisa mempengaruhi aktivitas masyarakat di luar rumah. Kamu yang berniat untuk bepergian, patut memperhatikan aturan ke mal dan pesta pernikahan.

PPKM terpaksa dinaikkan ke level 3 karena rendahnya tracing COVID-19 dan meningkatnya rawat inap. Karenanya, pembatasan aktivitas kali ini juga difokuskan pada mereka yang belum divaksinasi dan lansia dengan penyakit komorbid. Selain itu, berbagai tempat publik seperti mal dan supermarket juga dibatasi jam operasi dan kapasitasnya.

Aturan Masuk Mal Selama PPKM Level 3
PPKM ditingkatkan, jam operasional mal juga berubah. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jika selama PPKM level 3 mal hanya diperbolehkan buka sampai pukul 21:00 sedangkan untuk pasar sampai pukul 20:00. Kapasitas pengunjungnya juga dibatasi sampai 60%.

Untuk anak-anak di bawah 12 tahun, mereka yang sudah vaksin minimal satu kali boleh masuk mal atau bioskop dengan didampingi oleh orang tua. Dikatakan jika mereka juga dibolehkan pergi ke tempat bermain dengan syarat serupa.

Makan di Restoran
Di restoran, para pengunjung boleh makan di tempat. Sama seperti aturan ke mal, tempat makan boleh buka sampai pukul 21:00. Jumlah pengunjung pun dibatasi sampai 60%.

Fasilitas Umum dan Seni Budaya
Namun perlu diperhatikan bahwa aturan masuk beberapa fasilitas umum lain lebih diperketat. Sementara waktu tempat ibadah hanya boleh diisi 50% dari kapasitas, sedangkan seni budaya 25%.

Aturan Menggelar Pesta Pernikahan Selama PPKM Level 3
Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2-4 di Jawa-Bali, pernikahan boleh diadakan. Tapi pelaksanaannya selama PPKM Level 3 hanya boleh dihadiri 20 undangan dengan protokol kesehatan ketat dan tidak diperkenankan makan di tempat.

(ami/ami)