3 Kesalahan Paling Umum yang Dilakukan Pasangan saat Merencanakan Pernikahan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 08 Feb 2022 19:30 WIB
Bride sitting in a ceremony waiting restaurant. Sitting sad with head and flowers in her hands. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Menggelar pesta pernikahan bukanlah hal mudah. Perlu perencanaan yang matang dan memerhatikan hal-hal detail agar acara berjalan lancar.

Bahkan ketika perencanaan pernikahan sudah dijalankan dengan seksama, masih ada saja masalah yang membuat pengantin stres dan mengelus dada. Fotografer pernikahan profesional yang viral di TikTok, Shayla Herrington, mengungkapkan sedikitnya ada tiga kesalahan paling umum yang dilakukan pasangan saat merencanakan pernikahan.

1. Tidak Punya Koordinator Pernikahan

Pengantin tak seharusnya mengurus semuanya sendirian karena dia juga harus tampil bahagia, cantik dan santai di hari bahagianya. Setidaknya pengantin harus menetapkan minimal satu orang untuk jadi koordinator pernikahan.

Tidak harus menyewa seorang profesional jika bujet terbatas. Kamu bisa meminta bantuan keluarga seperti om, tante, sepupu atau teman dekat.

Koordinator pernikahan biasanya berperan jadi komunikator antar vendor, berkoordinasi dengan MC tentang jadwal acara hingga mendelegasikan tugas-tugas ke panitia acara. Jangan lupa sebagai penghargaan, beri bingkisan atau kado menarik setelah acara.

2. Mengundang Terlalu Banyak Orang

Seringkali pengantin mengundang orang yang tak terlalu mereka kenal atau bahkan tidak dikenal sama sekali. Biasanya hal itu mereka lakukan karena permintaan orangtua atau kerabat.

Mengundang terlalu banyak tamu ke pesta pernikahan hanya akan menambah besar biaya pernikahan. Terlebih lagi juga bisa membuat suasana canggung karena kamu tidak terlalu kenal mereka.

Batasilah target banyaknya tamu yang ingin kamu undang. Pilihlah orang-orang penting bagi kamu dan pasangan yang harus diundang ke pernikahan dan coretlah beberapa orang yang tidak terlalu penting.

3. Tidak Menentukan Prioritas

Saat merencanakan pernikahan, tidak jarang pasangan jadi terbuai untuk memikirkan kesenangan semata pada pesta pernikahan. Hal inilah yang bisa membuat budget membengkak. Sebaiknya buat daftar prioritas, hal-hal apa saja yang harus diutamakan untuk dikeluarkan budgetnya. Jangan keluar dari bujet yang sudah ditetapkan.



Simak Video "Heboh Indra Bekti Mirip Pemeran Money Heist Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)