Viral Pengantin Jadi Korban Aksi Saweran di Pernikahan, Bikin Netizen Kesal

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 13 Jan 2022 16:00 WIB
Tradisi yang saweran nikahan uang kertas Rp 100 ribu viral, pengantin wanita jadi sasaran. Acara saweran viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @nurhayati_make.up.
Majalengka -

Tradisi saweran atau nyawer adalah budaya menabur beberapa benda-benda kecil yang dilakukan dalam acara pernikahan. Tujuan tradisi saweran ini sebagai ungkapan rasa syukur pengantin untuk berbagi dengan tamu undangan yang hadir.

Namun bagaimana jadinya jika acara saweran ini malah membuat pengantin wanita menjadi korban dari tamu undangan yang sedang berebutan saweran? Hal inilah yang terlihat dalam video acara saweran yang viral setelah diunggah akun TikTok @nurhayati_make.up. Tampak dalam video pengantin wanita tampak kepalanya terkena tangan tamu yang berebut mengambil uang saweran.

Dalam video TikTok tersebut tampak tamu undangan yang hadir di pernikahan saling berebut uang saweran. Uang yang disawer nilainya adalah uang kertas pecahan Rp 5 ribu hingga Rp 100 ribu.

"Di saat kita lagi diem mau videoin tiba-tiba saweran raturan? Dan pengantin jadi korbannya," tulis akun TikTok @nurhayati_make.up.

Tradisi yang saweran nikahan uang kertas Rp 100 ribu viral, pengantin wanita jadi sasaran.Tradisi yang saweran nikahan uang kertas Rp 100 ribu viral, pengantin wanita jadi sasaran. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @nurhayati_make.up.

Video TikTok rebutan uang saweran itu sudah ditonton lebih dari 2 juta Views. Warganet yang menanggapi video viral tersebut sebagian ikut geram dan gregetan karena pengantin jadi korban acara saweran tersebut.

"Jadi greget sama emak-emak yang dibelakangnya😬," ucap akun @krmlaa.

"Fix pengantinnya rada bete pasti huhu," ujar pengguna TikTok @veronickaayu8.

"Harusnya yang megang payung stay aja gitu ya. Jangan ikutan heboh sampai-sampai itu payung dilempar ke tukang fotonya😳kedorong-dorong kena kepala pengantinnya😌," bingung akun @bundamikayla.

"Dan si mbak payung ga ada niat untuk minta maaf gitu?" tanya akun @Call Me Ai 👩⚕️.

"Harusnya saweran gopekan aja ka, jangan Rp 50 ribu - Rp 100 ribu, jadi rusuh," saran akun @Adeka.

"Sawerannya harusnya gak usah ada ditengah-tengah pengantin, biar aman," timpal akun @Lovei Arika Saskia.

@nurhayati_make.up Balas @yuniisshara ♬ DJ Pap Pe Pap (Are You With Me) - DJ ASIK

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Nurhayati Make Up Wedding Gallery yang mengunggah video saweran tersebut. Ia menceritakan acara pernikahan dengan saweran itu digelar dengan adat Sunda.

"Nominalnya gede jadi acaranya ramai (bukan ricuh) tapi lebih ke ramai karena biasanya saweran itu recehan dan paling besar itu nominal Rp 20.000 tapi ini karena mungkin ada rezeki lebih jadi sawerannya itu Rp 50.000 dan Rp 100.000," kata MUA Nurhayati kepada Wolipop lewat pesan singkat (11/1/2022).

Tradisi yang saweran nikahan uang kertas Rp 100 ribu viral, pengantin wanita jadi sasaran.Tradisi yang saweran nikahan uang kertas Rp 100 ribu viral, pengantin wanita jadi sasaran. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @nurhayati_make.up.

Menurut MUA yang tinggal di Majalengka, Jawa Barat itu, tamu undangan yang hadir sangat antusias melihat uang saweran Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. Acara pernikahan tersebut di Desa Jatiwangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat itu pun jadi riuh karena acara saweran tersebut.

"Acara berjalan lancar dan aman cuma pengantin kena tangan tamu yang ikut sawer, tapi no problem, Siger pengantin tetap aman dan tidak terluka sedikit pun," lanjut Nurhayati.

(gaf/eny)