Viral Pengantin Wanita Atraksi Silat di Acara Pernikahannya, Bikin Geleng-geleng

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 07 Jan 2022 12:45 WIB
Pengantin viral lakukan atraksi silat. Pengantin wanita lakukan atraksi silat saat hari pernikahannya. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @i.n4yli.
Malaysia -

Pernikahan dalam adat Melayu biasanya ada suguhan atraksi silat untuk menyambut pengantin pria menuju pelaminan. Biasanya persembahan silat pengantin ini dilakukan oleh kaum pria. Namun dalam acara pernikahan viral ini malah pengantin wanita yang melakukan atraksi silat.

Tanpa direncanakan sebelumnya, pengantin wanita ini menerima kejutan ketika diminta untuk membuat persembahan silat di acara pernikahannya. Meski terkejut, sang pengantin tak ragu langsung melakukan aksi silat di hari pernikahannya.

Pengantin wanita tersebut bernama Iffah Liyana Mohd Rizal. Ia menikah pada 25 Desember 2021. Wanita yang berusia 25 tahun itu tidak menyangka dirinya akan terlibat dalam persembahan silat di hari pernikahannya sendiri.

Pengantin viral lakukan atraksi silat.Pengantin viral lakukan atraksi silat. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @i.n4yli.

"Saya sangka hanya ada persembahan kompang saja. Tapi memang betul-betul ada persembahan silat di awal acara pernikahan sebelum menuju ke pelaminan," kata Iffah kepada Mstar mengungkapkan keterkejutannya.

Pengantin viral lakukan atraksi silat.Pengantin viral lakukan atraksi silat. Foto: Dok. Mstar.

Iffah menuturkan sebelumnya mengatakan padanya akan ada persembahan silat di hari pernikahannya. Namun sang kakek tidak menyebutkan siapa yang akan melakukan atraksi silat tersebut. Kakeknya sendiri yang berusia 80 tahun itu adalah guru silat.

"Saya sudah diajarkan ilmu-ilmu silat dari kakek. Tapi siapa nanti yang akan atraksi silat pengantin. Sebelumnya tante-tante minta saya untuk silat karena mereka tahu saya juga sudah mempunyai pengalaman belajar silat dari kakek," terangnya.

Namun pada saat itu, Iffah enggan menunjukkan ke orang lain jika ia bisa silat. Dan dia pun tidak membayangkan akan atraksi silat di acara pernikahannya sendiri.

@i.n4yli #fypシ #xyzbca #viral #support #fyppppppppppppppppppppppp ♬ original sound - Muhd Arash - ArashAmer

Oleh karena itulah Iffah yang berasal dari Melaka Tengah, Melaka, Malaysia ini terkejut ketika tiba-tiba ditarik oleh saudaranya untuk mempersembahkan silat pengantin. Meski malu, pada akhirnya dia melakukan atraksi silat tersebut.

"Rupa-rupanya benar mereka menginginkan saya untuk silat. Saya sangat terkejut karena ada rasa malu. Tapi saya teruskan karena untuk memenuhi banyak permintaan. Saya pun melakukan atraksi silat yang pernah diajari oleh kakek selama ini," tutur anak kedua dari empat bersaudara itu.

Alumnus Malaysia University of Science and Tehcnology (MUST) di Kota Damansara, Selangor itu merasa nyaman saat atraksi silat karena busana pengantinnya longgar. Ia memang sengaja membuat busana pernikahan sendiri agar bisa dipakai usai hari pernikahan.

"Walaupun sudah berpengalaman (silat), nervous tetap ada karena suami hanya pernah mendengarkan cerita jika saya bisa silat. Akhirnya di hari pernikahan, suami bisa melihat saya beraksi," pungkas Iffah sambil tertawa.

Pengantin viral lakukan atraksi silat.Pengantin viral lakukan atraksi silat. Foto: Dok. Mstar.
(gaf/eny)