Gita Savitri Viral karena Komentar Soal Pernikahan Childfree, Apa Itu?

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 16 Agu 2021 15:35 WIB
Vlogger hijab Indonesia gitasav gita savitri natasha farani
cheryl raissa linda kahyz ini vindy fathi nrm sari endah pratiwi ria ricis dhiana Gita Savitri dan suaminya Paul memutuskan childfree. Foto: Ink Photos (Instagram @ink.photos)
Jakarta -

YouTuber dan penulis buku Gita Savitri jadi atensi warganet setelah komentarnya mengenai childfree di unggahan Instagram Story. Apa itu child-free?

Gita Savitri atau populer dengan nama Gitasav di media sosial, sebenarnya sudah lama mengungkapkan keputusannya untuk memilih childfree atau tidak memiliki anak setelah menikah. Hal tersebut diungkapkannya saat diwawancara oleh psikolog Analisa Widyaningrum untuk konten YouTube Analisa Chanel.

"Jadi sebenarnya aku sama Paul itu childfree, kita memang nggak ada rencana untuk punya anak, kita penginnya berdua aja. Mungkin ini terlalu ekstrem kali ya," ujar penulis buku Rentang Kisah itu.

Kini pernyataan Gita Savitri soal keputusannya untuk childfree kembali viral. Kali ini karena dia menjawab pertanyaan dari netizen. Dia ditanya bagaimana menghadapi orang-orang yang kontra terhadap keputusannya untuk tidak memiliki anak.

"Kalo kontra yang waras mah biasa aja. Kalo ga waras, yg udah nagging-guilt-trip bawa-bawa agama, yang udah "alaah sok idealis masak sih ga mau" ya gw tambah menikmati hidup dong! Ibu-ibu julid kek gitu bakalan makin dengki kl liat org yg ga punya anak trs hepi. Karena dia sebenernya lelah, letih, lesu, dan tersiksa gitu mesti ngurus anaknya tapi ga mau ngaku makanya dengki. Kalo dianya happy dan content dengan pilihan hidup dia, yaitu beranak, gak akan ganggu orang yang gak mau beranak," begitu jawaban Gitasav yang kemudian menuai komentar pedas netizen.

Netizen khususnya para ibu yang sudah memiliki anak ada yang merasa tersinggung dengan jawaban Gitasav tersebut. Namun di sisi lain ada juga netizen yang membela YouTuber yang sekolah dan tinggal di Jerman itu bersama suaminya. Menurut yang membela, komentar pedas Gita itu adalah untuk ibu-ibu yang kerap nyinyir padanya soal keputusannya untuk tidak memiliki anak.

Video Gitasav YoutubeVideo Gitasav atau Gita Savitri di Youtube Foto: Instagram

Apa Itu Childfree yang Jadi Pilihan Gita Savitri?

Childfree merupakan gaya hidup yang dipilih pasangan menikah untuk tidak memiliki anak. Menurut kamus Merriam Webster, kata child-free yang berarti tanpa anak sudah dikenal sejak 1901.

Dalam tulisannya di Psychology Today, Dr. Ellen Walker menyebutkan gaya hidup childfree menjadi tren sejak 2014. Menurut doktor psikologi dari Seattle Pacific Universityitu, anak-anak muda pada masa sekarang melihat memiliki anak adalah sebuah pilihan bukan kewajiban. Sehingga mereka tidak lagi merasa menjadi orangtua adalah sebuah tahapan penting dari kehidupan.

Dr. Ellen Walker menyebutkan salah satu alasan kenapa pasangan memilih childfree adalah mereka mulai menyadari akan dampak negatif kehadiran anak dalam sebuah hubungan atau pernikahan. Dr. Walker mengutip satu riset di Inggris yang menyebutkan pasangan tanpa anak lebih bahagia dalam hubungan mereka dibandingkan yang punya anak. Riset itu mengungkapkan juga wanita yang memiliki anak kurang puas dengan hubungan atau pasangan mereka. Dan riset yang sama menemukan bahwa para ibu lebih menemukan kebahagiaan pada anak mereka dibandingkan pasangan.

Alasan lainnya orang memilih gaya hidup childfree adalah karena semakin bertambahnya populasi dunia. Salah satu orang yang mendeklarasikan tidak mau punya anak karena alasan ingin membantu menyelamatkan bumi itu adalah YouTuber Anna Bogen.

"Aku sama sekali tidak memiliki keinginan mewariskan planet ini pada seorang anak. Planet di mana tidak memiliki sumber daya yang tersisa," katanya.

Sementara itu menurut pimpinan Démographie Responsable (Responsible Demographics), sebuah organisasi yang mempromosikan untuk menurunkan angka kelahiran anak, Denis Garnier, pilihan childfree semakin populer 10 tahun belakangan ini. Menurutnya keputusan untuk tidak memiliki anak demi menyelamatkan bumi mulai banyak dipilih pasangan.

"Banyak anak-anak muda yang sadar, terimakasih atas publikasi tentang global warming dan publikasi tentang kerusakan keanekaragaman hayati," jelasnya.

Bagaimana dengan Gita Savitri? Istri dari Paul Andre Partohap itu mengatakan saat diwawancara psikolog Analisa Widayaningrum, keputusan untuk tidak memiliki anak sudah dibicarakan dengan sang suami dan bukan hal yang datang tiba-tiba.

"Buat aku punya anak such a big deal. Gimana kalau misalnya kita sebagai orangtua nggak being responsible dan memberikan luka ke anak kita," ujar Gita Savitri.



Simak Video "STUDIO POP SHOW: SEASON 3 EPISODE-3"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)