Cerita Youtuber Gitasav Dilecehkan di Medsos, Malah Di-bully Netizen

Silmia Putri - wolipop Kamis, 07 Jun 2018 11:17 WIB
Gita Savitri kerap mendapatkan pelecehan di medsos. Foto: Dok. Instagram/Gitasav Gita Savitri kerap mendapatkan pelecehan di medsos. Foto: Dok. Instagram/Gitasav

Jakarta - Pelecehan seksual secara online yang dialami Via Vallen beberapa waktu lalu masih jadi perbincangan hangat di media sosial. Banyak selebriti yang ikut angkat suara menyatakan dukungan untuknya.

Hal yang dialami Via Vallen juga kerap terjadi pada beberapa public figure, tak terkecuali Youtuber Gita Savitri. Sering tampil di media sosial, Gita Savitri terkadang mendapatkan komentar tak senonoh.

Salah satunya ketika ia mendapatkan DM (Direct Massage) Instagram dari akun palsu bernama Tristan. Di sana, Tristan mencaci maki Gita hingga mengajak Gita melakukan hubungan seksual.

Cerita Youtuber Gitasav Dilecehkan di Medsos, Malah Di-bully NetizenGita Savitri menjadi salah satu ikon e-commerce muslim Indonesia. Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop
Berang dengan perlakuan tersebut, Gita mengangkat permasalahan ini di akun Instagram-nya. Namun, mirip dengan Via Vallen, respons yang ia dapatkan penuh kontroversi. Mulai dari anggapan 'lebay' dan komentar lainnya yang tak kalah pedas.

Dihubungi oleh Wolipop melalui telepon, Gita mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap apa yang terjadi. Menurutnya, para wanita yang mendapatkan pelecehan seksual seperti tak punya payung untuk berlindung.

Baca juga: Via Valen dan 4 Wanita yang Melawan Saat Mengalami Pelecehan Seks Online

Pelecehan di media sosial seringkali dianggap sepele. Alasannya sesederhana sang pelaku tak berwujud, atau tak ada 'sentuhan fisik'. Padahal, konten tersebut tetap bisa disebut pelecehan secara verbal.

"Aku coba menghubungi temanku yang pengacara. Katanya, 'Git, kalau misalnya itu tuh DM. Elo nggak bisa ngapa-ngapain. Nggak ada hukum yang bisa nge-back itu. Karena itu di DM itu ranah pribadi, dan di Indonesia memang kasus pelecehan seksual masih karet banget hukumnya'," tutur Gita Savitri kepada Wolipop pada Selasa (05/06/2018).

Reaksi netizen yang cenderung negatif hingga hukum yang terkesan masih 'karet' bisa jadi membuat banyak wanita yang pernah mendapatkan pelecehan seksual online, memendam kepedihannya. Semakin banyak orang yang tak bersuara, bisa jadi permasalahan ini semakin disepelekan.

Baca juga: Keren! Gitasav Jadi Satu-Satunya Wanita Indonesia di Acara Bergengsi Youtube

"Nggak adil sih jadi cewek, secara society kita nggak di-protect. Lihat saja Via Vallen, dia dikata-katainnya luar biasa. Padahal dia memperjuangkan hak dia yang harusnya dilindungi. Kita sama society nggak di-protect, sama hukum juga nggak di-protect'," ungkap satu-satunya hijabers yang masuk program Youtube Creator for Change ini.

Permasalahan pelecehan seksual secara online ini, mungkin masih tabu bagi sebagian orang. Namun, jika tak ada yang berani menyuarakan, bisa jadi perlakuan tak senonoh itu makin merajelala.



Tonton juga 'Youtuber Gita Savitri Komentari Soal Pelecehan Via Vallen':



(sil/sil)