Istilah Pelakor - Pebinor yang Viral karena Kisruh Pernikahan Kapten Vincent

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 27 Apr 2021 17:30 WIB
Kapten Vincent Raditya (Instagram @vincentraditya) Foto: Kapten Vincent Raditya (Instagram @vincentraditya)
Jakarta -

Istilah pelakor dan pebinor kini kembali ramai dibahas di media sosial. Penyebabnya pilot yang populer sebagai YouTuber Kapten Vincent menyebut dua istilah tersebut dalam kisruh rumah tangganya.

"Awas, jaman skrg itu bukan kebanyakan pelakor. Sekarang uda naek level jadi pebinor, laki brondong penggoda istri orang. Awas.. mau adu status nanti malah keluar video. Pengalaman mengatakan : 1x pelakor akan selalu pelakor dan akan terjadi lagi suatu hari," begitu Kapten Vincent menulis di Instagram Stories @@vincentraditya.

Pria dengan nama lengkap Vincent Raditya itu diduga menulis soal pelakor dan pebinor tersebut untuk menyindir istrinya, Novita Condro. Dia seolah ingin menyampaikan pada para followers di Instagram bahwa Novita memiliki pria idaman lain alias selingkuh.

Novita Condro sendiri tak berdiam diri setelah suaminya membuat status yang seolah menyindir dirinya. Dia kemudian membuat sederet unggahan berupa tangkapan layar percakapannya dengan Kapnten Vincent melalui WhatsApp. Dari tangkapan layar itu terlihat, Vincent kerap menulis dengan capslock atau huruf besar yang biasanya menunjukkan seseorang sedang emosi.

"Dan aku selalu jawabin dgn baik, gak pernah ngegas dia. Dan aku masi yg minta maaf," ujarnya.

Istilah Pelakor dan Pebinor

Kata pelakor dan pebinor mulai banyak dipakai di media sosial beberapa tahun belakangan. Berdasarkan data dari Google Trend, kata pelakor mulai menjadi tren pada 2017.

Pelakor sendiri merupakan singkatan dari perebut laki orang. Kata pelakor ditujukan untuk wanita yang menjadi selingkuhan pria beristri.

Kata pelakor semakin populer pada 2018 ketika viral video seorang wanita bernama Bu Dendy menghujani seorang wanita yang dituduhnya sebagai pelakor dengan uang ratusan ribu.

"Ni duwek, ni duwek. Butuhmu karo bojoku duwek tok, panganen. Kenek kui mok gawe tuku omah. Ki duwek, nyoh!" begitu Bu Dendy berkata-kata sambil melempar uang ratusan ribu ke wanita yang dituduhnya sebagai pelakor.

Pada 2020, istilah pelakor kembali ramai gara-gara drama Korea World of The Married. Drama Korea produksi JTBC yang sempat tayang di Trans TV itu mengangkat kisah pernikahan yang hancur karena pelakor.

Sedangkan istilah pebinor, tidak sepopuler pelakor. Pebinor merupakan singkatan dari perebut bini orang. Kata pebinor ditujukan untuk pria yang menjadi selingkuhan wanita bersuami.

Pada 2018, kata pebinor ramai dibicarakan setelah Presenter Lee Jeong Hoon, orang Korea yang berkarier di Indonesia, menikahi wanita bernama Moa. Moa merupakan mantan istri artis Irwan Chandra.

Lee sempat dicap pebinor karena Irwan adalah mantan rekannya sendiri di boyband HITZ. Tapi Lee membuktikan bahwa ia dan Moa memang saling mencintai.



Simak Video "Pasangan Selingkuh, Siapa Salah?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)