Viral Pengantin Menikah Tanpa Pelaminan dan Dekorasi, Ini Kisah Lengkapnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 09 Apr 2021 11:22 WIB
Viral di media sosial pengantin menikah tanpa pelaminan. KIsah viral pengantin yang meinkah tanpa pelaminan. Foto: Dok. pribadi Saras.
Cilacap -

Viral di media sosial tentang pasangan pengantin yang memilih tidak menyediakan pelaminan dan dekorasi saat menikah. Kedua pengantin tersebut memilih untuk mengadakan pernikahan yang sederhana namun tetap hangat.

Kisah pengantin yang mengadakan resepsi pernikahan tanpa pelaminan itu berawal dari unggahan Ridwan Sonjaya di akun TikToknya @ridwansonjaya2. Dia membagikan momen yang memperlihatkan sepasang pengantin sedang asyik duduk di depan rumah. Kedua pengantin memakai busana adat Sunda serba putih.

Ridwan yang bertugas sebagai fotografer, penasaran mengapa kedua pengantin tersebut tidak mempersiapkan pelaminan. Ia pun merasa terharu saat mengetahui alasan dari kedua pengantin yang sedang berbahagia tersebut.

"Bikin baper gaes. Pasangan pengantin ini bikin saya terharu. Pas saya tanya, kenapa gak pake pelaminan mas? Bukannya gak mau pake pelaminan mas. Hanya saja uangnya kami tabung untuk kebutuhan lain," tulis akun TikTok @ridwansonjaya2 (7/4/2021).

Viral di media sosial pengantin menikah tanpa pelaminan.Viral di media sosial pengantin menikah tanpa pelaminan. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @ridwansonjaya2.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop mewawancarai pengantin wanita yang ada di dalam video viral tersebut. Ialah Saraswati yang mengaku terkejut ketika video pernikahannya tanpa pelaminan viral di media sosial.

"Mengenai video yang viral itu, awalnya kaget thau dari saudara saya bahwa videonya viral sampai berapa juta Like di TikTok," kata Saras, Kamis (8/4/2021).

Saras melakukan akad nikah dengan pasangannya pada Selasa (7/4/2021) di kediamannya di Dusun Cimanggeneng 2, Panulisan Barat, Dayeuh Luhur, Cilacap, Jawa Tengah. Ia pun menceritakan alasannya tidak memakai pelaminan saat acara pernikahan.

"Dari awal kami tidak memakai pelaminan pada umumnya karena kita nikah sepakat untuk yang sederhana saja. Karena menurut saya pernikahan itu bukan dilihat dari seberapa mewah atau besar perayaan tersebut. Tapi dari pertanggungjawaban suami terhadap istri. Walau pun ada modal buat pelaminan yang mewah. Kita malah mikir buat masa depan kita nanti, kan pernikahan bukan hanya untuk sehari tapi untuk selamanya sehidup sekali," ungkap Saras panjang lebar.

Viral di media sosial pengantin menikah tanpa pelaminan.Viral di media sosial pengantin menikah tanpa pelaminan. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @ridwansonjaya2.

Selain tidak ada pelaminan saat acara pernikahan, Saras mengungkapkan jika tidak mempersiapkan souvenir dan iringan musik untuk para tamu undangan.

"Tidak ada hiburan musik seperti dangdut dan yang lainnya, cukup akad doang. Tidak pakai catering juga, paling soal makan bikin sendiri aja. Masak sendiri dari keluarga saya yang perempuannya," terangnya.

Anak bungsu dari empat bersaudara itu menikah dengan pria pilihannya, Agung Darmawan Silalahi (24 tahun). Saras mengatakan keluarga kedua belah pihak mendukung penuh keputusannya tersebut.

"Dari pihak saya dan suami dari awal pacaran kami bersepakat bahwa ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Tapi kami berunding untuk tidak mengadakan pelaminan. Karena ya faktor modal juga sih. Di situ lah kami berbicara kepada kedua belah pihak orang tua kami. Alhamdulilah respon yang sangat baik dan menyetujui untuk pernikahan yang sederhana saja," tutur Saras dengan ramah.

Budget Menikah Rp 6-7 juta

Di akhir wawancara, Saras menyebutkan jika biaya pernikahannya menghabiskan biaya sekitar Rp 6-7 juta. Dia pun memberikan pesan bagi para calon pengantin lainnya.

"Acara kemarin kira-kira habis sekitar Rp 6-7 juta kurang lebih lah. Nikah mah gampang nggak ribet, yang bikin ribet mah gengsi kitanya. Jangan iri atau malu akan pernikahan yang sederhana," pungkasnya.

Viral di media sosial pengantin menikah tanpa pelaminan.Viral di media sosial pengantin menikah tanpa pelaminan. Foto: Dok. pribadi Saras.
(gaf/eny)