Alasan Keperawanan, Wanita Ini Dilarang Bergaun Putih Saat Menikah

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 11 Des 2020 12:45 WIB
Bride sitting in a ceremony waiting restaurant. Sitting sad with head and flowers in her hands. Ilustrasi Pengantin / Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Pernikahan adalah momen spesial yang seharusnya menjadi hari bahagia bagi pasangan yang akan mengikat janji suci sehidup semati. Namun tidak demikian dengan pengantin wanita yang satu ini. Sang pengantin wanita justru merasa sedih dan terhina setelah pasangannya melarang dirinya untuk menggunakan gaun putih di hari pernikahan.

Seperti dikutip dari Daily Star, awalnya kisah itu dibagikan oleh sang pengantin pria yang tidak disebutkan namanya melalui Reddit. Pria tersebut juga menyebutkan alasan mengapa dia tidak memperbolehkan calon istrinya itu untuk mengenakan gaun putih di hari pernikahan mereka.

"Jadi aku dan calon istriku berencana untuk menikah beberapa bulan lagi. Aku dibesarkan dari keluarga yang sangat religius dengan kepercayaan Kristiani yang kuat dan salah satu tradisi di keluargaku adalah jika wanita yang akan menikah sudah tidak virgin maka mereka tidak boleh mengenakan gaun putih di hari pernikahan," tulis sang pria.

Menurut penuturan pria tersebut, calon istrinya itu sudah pernah memiliki kekasih lain sebelum bersama dirinya. Hal itu yang kemudian membuat sang pria dan keluarganya menilai bahwa sang pengantin wanita sudah tidak virgin.

"Calon istri saya benar-benar kesal ketika saya bertanya apakah dia bisa mengenakan gaun berwarna pada hari pernikahan, tetapi dia setuju, jadi kami akan mencari gaun biru berkilauan sebagai gantinya," tambah si pria.

Namun sayang, sepertinya sang wanita berubah pikiran dan memutuskan untuk membatalkan pernikahan. Wanita itu merasa terhina dan dipermalukan karena aturan keluarga sang pria. Padahal menurut sang pria aturan tersebut bukanlah sebuah masalah besar.

Unggahan itu pun langsung mendapat beragam komentar dari netizen. Tak sedikit yang mengatakan bahwa aturan keluarga sang pria itu terlalu berlebihan.

"Ini sakit, dan aku tidak percaya pacarmu akan tinggal bersamamu setelah ini," komentar salah satu pengguna Reddit.

"Aku pikir jika kamu memiliki anggapan yang buruk tentangnya dan ingin membuatnya malu di depan umum, kamu harus membantunya dan putus sekarang," tambah komentar lain.

"Ini bukan tradisi Kristen, juga bukan tradisi modern. Tidak ada 'warna Kristen' untuk keperawanan dalam pernikahan atau apapun," komentar netizen lain.

(vio/vio)