Liputan Khusus Batal Menikah

Viral Curhat Wanita Seminggu Lagi Seharusnya Akad, Berakhir Batal Nikah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 05 Des 2020 15:33 WIB
Kisah Dewi Mukaromah yang menceritakan kisahnya batal menikah, viral di TikTok Foto: Screenshoot TikTok @dewimkr_
Jakarta -

Batal menikah bukan persoalan yang mudah ketika semua persiapan acara sudah matang. Seperti kisah Dewi Mukaromah yang viral setelah mencurahkan pengalaman sedihnya batal menikah seminggu menjelang akad lewat akun TikTok pribadinya @dewimkr_.

Dalam video yang diunggah ke TikTok Dewi menampilkan momen dirinya fitting gaun pengantin. Ada juga video undangan pernikahannya yang sudah siap disebar. Dalam undangan itu tertulis Dewi seharusnya menggelar pernikahannya dengan calon suaminya pada 11 Desember 2020.

"Gak papa gak jadi nikah. Meskipun tinggal 1 minggu lagi. Gak papa semua sudah dipersiapin dan undangan siap disebar. Allah baik sama kamu, dikasih petunjuk bahwa dia bukan jodohmu sebelum ijab qabul. Gak usah dengerin kata-kata orang. Mereja gak tau gimana perasaanmu sekarang. Insya Allah atas izin Nya kamu bakal diberi kebahagiaan yang lebih-lebih. Tolong jangan pada tanya kenapa masalahnya, aku cuma butuh support dari kalian semua," demikian Dewi curhat di akun TikTok dewimkr_ pada awal Desember 2020 ini.

Video yang berisi kisah pilu Dewi batal menikah menjelang akad nikah dan di saat undangan pernikahan sudah jadi itu banyak ditonton pengguna TikTok. Hingga kini video itu sudah ditonton lebih dari 1,6 juta kali dan mendapat lebih dari 3.000 komentar.

Cerita Lengkap Dewi Soal Pernikahannya yang Mendadak Batal

Dikonfirmasi Wolipop, Dewi mengaku tak menyangka curhatannya di TikTok menjadi viral. Dia memilih mencurahkan perasaannya batal menikah di media sosial karena ingin meluapkan rasa sedihnya.

"Aku posting ya karena awalnya aku nggak tau lagi harus ngapain saat itu. Akhirnya aku buat kenangan dengan video tersebut. Melihat-lihat komentar di TikTok, 99% isinya dukungan dan kasih semangat buat aku. Jadi ya agak lega baca-bacanya, agak terbuka jalan pikiranku," kata Dewi saat dihubungi Wolipop, Rabu (2/12/2020).

Kisah Dewi Mukaromah yang menceritakan kisahnya batal menikah, viral di TikTokKisah Dewi Mukaromah yang menceritakan kisahnya batal menikah, viral di TikTok Foto: Screenshoot TikTok @dewimkr_

Dewi mengatakan dia tidak bisa mengungkapkan alasan penyebab dirinya dan sang calon suami batal menikah. Dia hanya bisa memberitahu sebatas rencana pernikahan yang seharusnya digelar 11 Desember 2020 kini tinggal kenangan. Ia pun mengambil hikmah dari kegagalannya tersebut,

"Hikmahnya ya aku berterimakasih sama Allah SWT, sudah diberi petunjuk sebelum aku melaksanakan ijab kabul. Dan positif aja ini memang bukan yang terbaik buat aku sama dia, suatu saat aku pasti bakal nemuin kebahagiaan yang sesungguhnya," ujar Dewi.

Wanita 21 tahun itu pun mengaku merasa trauma dan kecewa setelah mengalami gagal menikah menjelang ijab kabul. Namun dia tidak mau berlarut-larut dalam kesedihannya.

Mengunggah kisahnya batal menikah ke media sosial menurut Dewi juga bisa menjadi informasi kepada teman-temannya yang selama ini sudah mengetahui rencana bahagianya tersebut. Sebelumnya kata Dewi, dia sudah kerap mengunggah foto bersama calon suaminya dan mengisahkan perjalanan mereka dari awal pacaran hingga seharusnya menikah pada 11 Desember 2020 ini

"Otomatis semua orang sudah pada tahu kalo aku mau nikah. Tapi takdir berkata lain jadi aku juga harus kasih tahu ke mereka bahwa aku nggak jadi nikah. Tapi gak kepikiran bakal viral banget kayak gini," jelasnya.

Dewi tidak merasa takut jika mantan calon suami atau keluarganya melihat postingannya di TikTok. Menurutnya apa yang diungkapkannya di media sosialnya memang sebuah kenyataan bukan karangan belaka.

"Kenapa harus takut. Faktanya memang seperti itu. Ini cuma masalah waktu aja kok. Seiring berjalannya waktu juga akan terbiasa dengan sendirinya. Alasan pembatalannya kan sudah kesepakatan antar kedua keluarga. Dan kita ngomong secara langsung dengan baik-baik," kenangnya.

Dewi yang tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah ini mengaku masih menjalin kontak dengan mantan calon suaminya. Mereka berusaha menyelesaikan semua persiapan yang sudah terlanjur dipesan namun akhirnya batal menikah.

"Semoga aku dan dia bisa menjadi pribadi lebih baik lagi dalam segala hal, semoga juga kita bisa mendapatkan kebahagiaan masing-masing. Dan tentunya tetap silaturrahmi jangan terputus," harapnya.

(gaf/eny)