Kronologi Pengantin Wanita yang Meninggal Saat Dirias, Kejadian di Pemalang

Robby Bernardi - wolipop Jumat, 02 Okt 2020 18:05 WIB
Spouses always seem to struggle to keep their relationship alive Ilustrasi kue pernikahan. Foto: Thinkstock
Pemalang -

Baru-baru ini sebuah video viral di media sosial tentang pengantin wanita yang tengah dirias terkulai lemas. Video tersebut viral karena dijadikan ilustrasi dari kabar di media sosial terkait peristiwa seorang pengantin yang meninggal saat dirias sebelum ijab-kabul dilakukan.

Belakangan diketahui, peristiwa dalam video tersebut berbeda waktu dan tempat dengan kejadian yang diceritakan pada caption posting-an Facebook Ukhty Lisda Rianti. Kejadian yang sebenarnya berlokasi di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Sementara itu, sosok pengantin dalam video yang viral itu adalah warga Tuban, Jawa Timur. Video diunggah oleh akun TikTok @aisyahnaura pada 10 September 2020. Sedangkan peristiwa di Pemalang terjadi 29 September 2020.

Kabar viral pengantin wanita yang tengah dirias dan meninggal terjadi di rumah pengantin wanita di Kelurahan Pelutan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sekitar pukul 07.00 WIB. Pengantin yang tengah dirias untuk persiapan ijab-kabul itu diketahui bernama Siti Finda Yuni Atiqoh (21) dan berencana dinikahi Angshori (27), warga Kebondalem, Pemalang.

Kepada Wolipop saat ditemui Jumat (2/10/2020), Suherman, selaku ketua RT yang mewakili pihak keluarga, menjelaskan video yang beredar di media sosial tidak berhubungan dengan kejadian yang dialami warganya itu. Tapi hanya sebuah ilustrasi dari posting-an viral yang diunggah akun Ukhty Lisda Rianti di Facebook.

@aisyahnaura0

♬ original sound - Aisyah Naura

Suherman pun memastikan video tersebut adalah hoax. Namun pihaknya mengakui warganya ada yang meninggal saat dirias sebelum dilakukan ijab-kabul pada Selasa (29/9/2020).

"Video yang beredar itu bukan yang bersangkutan. Ada oknum yang memberikan, tapi itu (video) bukan yang bersangkutan," kata Suherman.

Kronologi pengantin wanita meninggal saat dirias

Suherman menceritakan calon mempelai wanita masih dalam kondisi dirias saat meninggal. Berbeda dengan video, sang mempelai belum mengenakan busana pengantin.

"Yang bersangkutan kan riasnya baru dibedak. Belum dirias sedemikian rupa. Pakaian juga masih biasa, itu menurut keterangan keluarga semalam," kata Suherman.

Dijelaskan pihak keluarga kepada ketua RT setempat, selama ini pengantin perempuan tersebut tidak mempunyai riwayat sakit.

"Almarhum (pengantin wanita) tidak sakit, tidak ada firasat sebelum-sebelumnya. Kondisi fit bener. Di berita socmed ada yang mengatakan itu sakit jantung, semuanya hoax," katanya.

Angshori (kiri) dan calon istrinya Siti Finda Yuni Atiqoh yang meninggal dunia saat dirias sebelum ijab kobul.Angshori (kiri) dan calon istrinya Siti Finda Yuni Atiqoh, yang meninggal dunia saat dirias sebelum ijab-kabul. (Robby Bernardi/detikcom)

"Itu dari keterangan keluarga nggak ada sakit. Tidak ada sakit yang gimana-lah, bukan dikarenakan sakit, karena malam harinya masih biasa, bahkan masih mempersiapkan kebutuhan untuk besoknya," imbuh Suherman.

Suherman menceritakan, sebelum meninggal, sang calon pengantin terlihat menghela napas panjang. Kejadiannya pun terbilang cepat.

"Pas dirias baru bedak ya, belum apa-apa, belum pakaian pengantin, terus menghela napas panjang, terus tidak ada (meninggal dunia). Pihak keluarga mengira paling pingsan, terus dibawa ke rumah sakit," beber Suherman.

Setelah dilarikan ke RSUD M Azhari Pemalang, dokter melakukan pemeriksaan. Almarhumah pun dinyatakan sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Sekali lagi Suherman menegaskan wanita dalam video yang viral tersebut bukanlah warganya, pengantin yang meninggal saat dirias. Dia pun meminta pihak yang telah menyebarkan untuk menghapus videonya.

"Pihak keluarga meminta agar video tersebut dihapus karena bukan video yang terjadi di Pemalang," katanya.



Simak Video "Begini Cara Membuat Siger Cantik dari Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)