Viral Pengantin Sunda Disebut Meninggal Saat Dirias, Ini Fakta Sebenarnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 02 Okt 2020 13:32 WIB
Pengantin yang dirias okeh Aisyah Naura Foto: Screenshot TikTok @aisyahnaura0.
Jakarta -

Demi konten kini tak sedikit orang mengungkapkan kisah-kisah bombastis yang kebenarannya perlu ditelusuri. Seperti kisah yang viral di TikTok ini, seorang pengantin yang memakai riasan makeup adat Sunda serba putih dikabarkan tutup usia ketika dirias.

Kabar soal pengantin meninggal saat dirias ini viral setelah diunggah oleh akun TikTok Aisyah Naura @aisyahnaura0. Dalam video yang diunggahnya, dia memperlihatkan seorang pengantin wanita tampak tertidur pulas usai dirias. Kaki si pengantin tampak dipijat dan kuku tangannya sedang diberikan kuteks.

"Menjelang akad nikah,tiba-tiba mbak pengantin tertidur dengan pulasnya, sulit dibangunin... Ya Allah merinding..." tulis @aisyahnaura0 pada 10 September 2020.

Unggahan TikTok tersebut hingga Jumat siang (2/10/2020) sudah ditonton lebih dari 9,4 juta Views, mendapat 545 ribu Likes dan 11 ribu komentar. Warganet pun terkejut melihat video tersebut. Ada yang mendoakan pengantin, bingung dan mengira pengantin tidak meninggal.

@aisyahnaura0

Menjelang akad nikah,tiba2 Mbk pengantin tertidur dgn pulasnya,sulit di bangunin...Ya Allah merinding...

♬ original sound - Amed Maulana🐉DRTI - AMED MAULANA

"Kalau benar meninggal, semoga amal ibadah selama hidupnya beliau diterima disisi Allah SWT. Amiin Ya Rabbal Alamin.. Salam dari saya di Pemalang," tulis akun @Muhammad Iqbal.

"Gimana rasa sakit yang diderita sama calon suaminya woii 🥺 ," ucap akun @Irfanoetomo.

"Bukan meninggal guys kayaknya, mungkin itu cuma tidur karena kacapekan itu aja baru di pijetin dan di pakein kuku palsu, kalau meninggal pasti stop dulu," jelas pengguna TikTok @Linaayu.

"Kok aku ngeliatnya dia cuma pengen merem aja bentar, mungkin karena kecapekan kalau emang sulit dibangunin kenap mbak-mbak itu bukannya panik malah ngutekin kuku," tanya akun @Elle 🇲🇨.

Pengantin yang dirias okeh Aisyah NauraPengantin yang dirias okeh Aisyah Naura. Foto: Screenshot TikTok @aisyahnaura0.

Video TikTok Aisyah semakin menyebar luas ketika pengguna akun Facebook Ukhty Lisda Rianti membagikan kabar jika mempelai wanita yang berada dalam video tersebut tutup usia ketika dirias.

"Ini yang lagi viral dikira tidur pas masang WH (henna) di tangan. Eh, pas dicek sama MUA-nya ternyata sudah tidak ada nafasnya. Innalilahi ya Allah . Beritanya di Pemalang, asli orang Pemalang, kebayang dong sedihnya gimana keluarga yang ditinggalkan terutama calon suami nya , Rabu (30/9/2020).

Dalam unggahan tersebut, nampak situasi di pemakaman. Akun Facebook Ukhty Lisda Rianti dengan yakinnya mengatakan bahwa apa yang disampaikannya bukan hoaks.

Pengantin yang dirias okeh Aisyah NauraPengantin yang dirias okeh Aisyah Naura. Foto: Screenshot TikTok @aisyahnaura0.

"Klarifikasi: ini memang real ya bukan hoaks, dapat berita ini dari grup "Paguyuban Seniman Henna Bandung" kejadian di Pemalang, Jawa Tengah. Meninggal disebabkan karena asam lambung naik pas hari H, puasa mutih Masya Allah, mereka kira tidur padahal sudah meninggal ya Allah ," kata Ukhty Lisda Rianti.


Jadi benarkah pengantin dalam video yang diunggah akun Facebook Ukhty Lisda Rianti dan akun TikTok Aisyah Naura meninggal dunia? Wolipop mengonfirmasi langsung pada Aisyah yang pertamakali mengunggah soal video pengantin yang diduga meninggal setelah dirias itu.

Aisyah Naura pun menjelaskan cerita yang sebenarnya terjadi. Ditegaskannya, pengantin wanita yang diunggahnya ke TikTok tidak meninggal dunia, melainkan sedang tertidur.

"Disini saya akan mengklarifikasi tentang video TikTok saya, yang sedang viral tentang pengantin tertidur itu. Di sana saya sudah kasih judul tertidur, bukan meninggal. Video itu saya ambil pada 12 Agustus 2020, pas acara pernikahan kedua mempelai, di desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kebetulan saya sebagai tukang riasnya," kata Aisyah kepada Wolipop, Jumat (2/10/2020)

Aisyah Naura yang juga menyediakan jasa makeup untuk pengantin, wisuda dan karnaval ini menepis kabar yang beredar bahwa pengantin yang diriasnya meninggal dunia. Menurutnya pengantin yang diriasnya hanya tertidur pulas karena kelelahan.

"Saat itu pengantin wanita lemas, mungkin karena faktor kecapekan, dan itu terjadi pada saat sesi foto-foto. Setelah beberapa saat pengantin bangun lagi dan lanjutin sesi foto-foto keluarga. Saya sudah ketemu sama pengantin dan sudah membuat mengklarifikasi tentang video itu. Tolong diluruskan pemberitaan yang simpang siur tersebut," tegasnya.

Pengantin yang dirias okeh Aisyah NauraPengantin yang dirias okeh Aisyah Naura. Foto: Screenshot TikTok @aisyahnaura0.

Pengantin yang Berbeda Meninggal Saat Dirias Tangan dengan Henna

Lantas bagaimana soal unggahan akun Facebook Ukhty Lisda Rianti yang juga menyebutkan ada pengantin meninggal saat dirias? Wolipop pun menghubungi Lisda Rianti tentang unggahannya di Facebook yang juga viral.

Lisda mengatakan pengantin yang dikisahkannya di Facebook berbeda dengan yang diunggah di akun TikTok @Aisyah Naura. Namun dia memang menggunakan video TikTok Aisyah Naura. Menurutnya video tersebut digunakan sebagai ilustrasi.

"Untuk video yang beredar itu hanyalah ilustrasi belaka aja yang dishare sama akun TikTok @aisyahnura0. Pengantin yang ada di akun tersebut berbeda. Awalnya saya kira juga video yang itu adalah saudari Vinda yang meninggal dunia, padahal faktanya bukan gitu banyak yang konfirmasi. Itu yang ada divideo @aisyahnura0 intinya hanya ilustrasi aja sih," jelas Lisda Rianti.



Simak Video "Bikin Baju dari Tas Louis Vuitton dan Gucci, Wanita Filipina Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)