Bridal Shower, Pengertian dan Faktanya yang Perlu Kamu Tahu

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 10:30 WIB
Ets, Bridal Shower Tasya Kamila Jadi Setan? Bridal Shower Selebriti Indonesia / Foto: Dok. Instagram/tasyakamila
Jakarta -

Bridal shower adalah salah satu acara yang biasanya diadakan untuk menyambut calon pengantin perempuan yang akan segera menikah. Seperti dikutip dari Brides, bridal shower merupakan salah satu tradisi yang sudah sejak lama ada, berasal dari Belanda abad ke-16. Tradisi bridal shower itu dimulai ketika ayah seorang gadis menolak memberikan mas kawin untuk pernikahan yang tidak disetujuinya. Karena hal itu, banyak masyarakat yang kemudian menawarkan bantuan dengan memberikannya hadiah untuk membantu mengisi rumah barunya.

Tradisi tersebut lalu terus bertahan sampai hari ini. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, tradisi bridal shower terus berkembang dan mengalami perubahan. Hingga saat ini, bridal shower dikenal sebagai tradisi untuk memberikan kado bagi calon pengantin perempuan sebelum dirinya menikah. Biasanya acara bridal shower ini akan digelar oleh teman-teman perempuan dari calon pengantin wanita yang biasa disebut bridesmaid.

Bridal shower adalah acara perayaan yang bisa dirayakan di mana saja, seperti restoran, hotel, rumah, atau tempat-tempat lainnya. Para bridesmaid juga bisa mengundang calon pengantin pria untuk mengejutkan calon pengantin wanitanya. Namun pastikan bahwa kamu sudah mengatur rencana terlebih dahulu. Jangan sampai bridal shower tersebut pada akhirnya gagal hanya karena kamu tidak mempersiapkannya dengan matang.

Bridal Shower selebriti IndonesiaBridal Shower selebriti Indonesia Foto: Dok. Instagram

Jika kamu yang bertugas untuk merencanakan acara bridal shower, maka kamu perlu tahu bahwa inti dari acara tersebut adalah untuk bersenang-senang dan merayakannya bersama dengan calon pengantin wanita dan teman-teman terdekatnya. Menurut pakar etiket, Diane Gottsman, bridal shower bertujuan untuk memberikan calon pengantin wanita harapan yang baik, ucapan selamat, dan beberapa hadiah.

Acara pranikah ini bisa menjadi hal yang sangat menarik sekaligus rumit dan memusingkan untuk direncanakan. Mulai dari memikirkan dekorasi, rencana kegiatan apa saja yang akan dilakukan, memilih lokasi dan hadiah yang akan diberikan, sampai menyiapkan makanan dan minuman.

Dalam acara bridal shower ini kamu juga bisa merencanakan untuk menggunakan pakaian senada dengan teman-temanmu. Dengan demikian, kalian akan terlihat lebih kompak.

Bridal shower ini biasanya diadakan sekitar 3 bulan sampai 2 minggu sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Jadi cobalah untuk memilih waktu yang tepat dan sesuai, sehingga semua teman-temanmu juga bisa hadir untuk menikmati pesta khusus perempuan ini.

Jika kamu ingin memperlihatkan rasa perhatian dan sayangmu kepada calon pengantin, maka mengadakan bridal shower adalah cara yang tepat. Semoga bridal shower yang kamu rencanakan bisa berhasil dan berjalan dengan lancar!

(vio/vio)