Kisah Bule Amerika Menikahi Wanita Cilacap, Jadi Mualaf karena Baca Al Quran

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 07 Sep 2020 15:37 WIB
Lusiatun dan Richard Foto Lusi dan Richard. Foto: Dok. pribadi Lusiatun.
Virginia -

Pria Amerika bernama Richard Hosack ini menjadi mualaf setelah jatuh cinta dengan wanita Indonesia asal Cilacap, Lusiatun. Namun membaca isi Al Quran lah yang membuatnya tergerak untuk masuk Islam. Ini kisahnya.

Ketika diwawancara, Lusiatun menceritakan awal mula bertemu dengan Richard lewat Facebook. Dia lah yang pertamakali menambahkan profil Richard di Facebook sebagai remannya.

"Saya kenal sama suami di Facebook tepatnya pada 2012, waktu itu Facebook saya sempat ke blokir dan akhirnya saya buat akun Facebook baru. Waktu itu Facebook kan lagi populer banget ya. Nah aku tuh seneng banget add orang banyak biar temennya banyak. Saya iseng ajah nyari-nyari eh..ada profile suami saya. Saya nggak tahu kenapa tapi saya ngerasa deket banget sama orang itu. Akhirnya saya add nggak lama kemudian diterima permintaan pertemanan saya. Sejak saat itu kita jadi sering ngobrol dan berteman hampir tujuh tahun," ungkap Lusi panjang lebar kepada Wolipop.

[Gambas:Youtube]

Setelah berteman selama tujuh tahun, Lusi dan Richard akhirnya bertemu untuk pertama kalinya pada 2019. Richard datang ke Indonesia pada April 2019. Setelah pertemuan pertama kali secara langsung itu tak disangka Lusi, Richard yang ikut menemaninya menemui keluarganya di Cilacap, meminta restu pada ibunya untuk menikahinya.

Saat ditanya apa yang membuatnya tertarik, Lusi mengatakan jika Richard mempunyai pola pikir yang dewasa, pintar dan pekerja keras. Sedangkan Richard tertarik dengan Lusi karena ia adalah wanita yang mandiri dan sayang dengan keluarga.

Lusiatun dan RichardFoto Richard ketika melamar Lusiatun. Foto: Dok. pribadi Lusiatun.

"Sebelum dia datang aku sudah bilang kalau setelah pertemuan di antara kita ada yang nggak suka, nggak boleh maksa yaa. Terus suami juga menyetujuinya. Ternyata setelah ketemu kita malah jadi makin kagum satu sama lainnya. Kemudian suamiku melamarku di depan keluarga, itu juga saya kaget banget. Karena nggak ada dibicarakan sebelumnya bakalan secepat itu," kenangnya.

Lusi sempat mendapat tentangan dari keluarganya untuk menikah dengan Richard. Ibunya tidak ingin anak gadisnya pergi jauh darinya. Namun setelah Richard datang ke rumahnya langsung dan berbicara dengan sang ibu, restu pun mereka dapatkan.

Lusi dan Richard menikah pada 22 Juni 2019 di Indonesia. Keduanya kemudian menggelar lagi resepsi di Virginia, Amerika Serikat pada 16 Maret 2020. Mereka pun kini menetap di Virginia.

Lusiatun dan RichardSambutan dari keluarga Richard saat pertama kali Lusiatun datang ke Inggris. Foto: Dok. pribadi Lusiatun.

Perjalanan Mualaf Richard

Wanita yang berusia 28 tahun itu menceritakan awal mula suaminya tertarik dengan agama Islam. Lusi mengatakan, sebenarnya selain Islam, Richard juga sudah mempelajari agama lainnya. Namun saat sang suami berteman dengan orang Irak, ketertarikannya pada Islam semakin dalam. dengan mempelajari isi Al-Qur'an. "Dia menemukan keyakinan pada Islam ketika membaca seluruh isi Al-Qur'an," ujar Lusi.

Richard pun sudah mempelajari serba-serbi tentang agama Islam. "Jujur suami saya dengan saya saja lebih paham beliau ketimbang saya yang Islam dari lahir. Jadi saya yang justru banyak belajar dari suami karena saya hanya bisa membaca Al-Qur'an tapi nggak paham artinya sedangkan suami saya paham isi Al-Qur'an tapi masih belum lancar membaca Al-Qur'an," ceritanya.

Bahkan sebelum Richard menjadi mualaf, pria tersebut sudah belajar salat dan mengaji. Dia juga sudah disunat semenjak kecil. Dan Richard pada akhirnya memantapkan diri menjadi mualaf. Lusi pun sempat tidak percaya jika kekasih hatinya memilih untuk jadi mualaf.

Lusiatun dan RichardRichard saat pertama kali naik bajaj bersama Lusi. Foto: Dok. pribadi Lusiatun.

"Reaksi saya kaget dan gak percaya. Tapi dibalik itu seneng juga. Bisa dibilang hidayah juga buat saya karena saya juga jadi semakin semangat lagi belajar tentang Islam," kata Lusi.

Mengenai keputusan menjadi mualaf, Richard mengatakan itu semua berdasarkan pencariannya selama ini. "Jangan biarkan orang memberitahu kepadamu apa yang benar dan salah menyangkut soal agama. Jika kamu mencari kebenaran, kamu akan berlabuh pada Islam,"kata Richard lewat Lusi.

Buat Konten Youtube

Richard dan Lusi saat ini menetap di Yorktown, Virginia, Amerika Serikat. Kegiatan Lusi di rumah menjadi ibu rumah tangga dan membuat vlog di YouTube. Channel Youtubenya yang bernama 'Luri Hosack' kini mempunyai lebih dari 42 ribu subscribers

Lusi mengaku tak menyangka bisa memiliki banyak subscriber. Karena pada awal niatnya membuat YouTube hanya untuk menyimpan berbagai foto yang sudah terlalu banyak di ponselnya.

Lussy dan RichardLussy dan Richard Foto: Dok. Tangkap Layar Youtube Luri Hosack

"Ternyata banyak yang suka. Terus minta aku buat lagi videonya. Terus aku bikin lagi videonya dan itu juga cuma foto-foto ajah Terus ada satu teman saya bilang 'masa upload video foto-foto doang sih, ngomong dong di video coba bisa nggak'.Aku tuh sebenernya anaknya pemalu banget jadi aku ngerasa kaya ini tuh challenge buat saya biar nggak malu lagi. Akhirnya saya coba-coba bikin vlog dan sampai sekarang. Tapi sifat pemalu saya tetap aja nggak bisa hilang," ucapnya.

Konten yang dibagikan Lusi di channel YouTube-nya cukup beragam mulai dari memasak, makan bareng suami, belanja hingga menjahit. Eksis di YouTube, Lusi mengaku mendapat beragam komentar baik positif maupun negatif.

"Komentar negatif sering banget. Sampai sekarang pun masih. Tapi saya sih tipe orang yang nggak terlalu mendengarkan apa kata orang walaupun kalau habis baca komen negatif suka sakit hati. Tapi ya sudah. Prinsip saya, Allah SWT tidak akan mengadili saya dari prasangkaan mereka, tapi saya akan diadili oleh Nya dari kenyataan perbuatan saya. Jadi ya sudah terima dengan legowo saja," pungkasnya.

Lusiatun dan RichardSaat Richard melamar Lusi. Foto: Dok. pribadi Lusiatun.


Simak Video "Cerita di Balik Pidato Nadhira Nuraini Afifa di Harvard "
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)