5 Tips Memilih Makeup Artist untuk Pernikahan

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 14 Okt 2016 18:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain menentukan lokasi dan bujet pernikahan, memilih makeup artist juga termasuk hal penting yang harus dilakukan saat awal-awal mempersiapkan pernikahan. Makeup artist memiliki peranan besar dalam membuat wajah pengantin menjadi lebih memukau dan tampak lebih bersinar. Friska Ruslim, co-founder dari The Bride Dept memberikan tips memilih makeup artist. Seperti apa?

1. Cari yang Berpengalaman
Tak dapat dipungkiri pengalaman atau jam terbang menjadi salah satu kriteria dalam memilih makeup artist. Karena yang perlu diketahui, makeup biasa dengan makeup pengantin memiliki perbedaan. Di mana makeup untuk pengantin haruslah lebih tahan lama dan tidak mudah luntur saat terkena cahaya lampu.

"Saranku kalau mau booking makeup artist sebaiknya satu tahun sebelumnya, itu kalau kamu mau pakai makeup artist yang terkenal dan jam terbang tinggi. Apalagi kalau mau menikah di tanggal cantik biasanya makeup artist sudah di booking 1,5 tahun sebelumnya," kata Friska dalam acara Wolipop Women's Lounge di Largo Bistrot, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/10/2016).

2. Gaya Makeup Sesuai
Setiap makeup artist memiliki gaya merias yang berbeda-beda. Ada yang mengedepankan riasan flawless, riasan no makeup, hingga makeup yang bold dan membuat wajah berbeda. Pastikan Anda harus mengetahui gaya makeup dari masing-masing penata rias, apakah sudah sesuai dengan diri Anda atau tidak.

3. Cocok dengan Kepribadian
Selain keahlian memegang kuas, kepribadian sang makeup artist pun juga menjadi pertimbangan. Karena ia adalah orang pertama yang Anda temui sesaat sebelum menikah.

"Akad nikah jam 7 pagi, jam 4 pagi sudah harus makeup. Saat itu perasaan lagi deg-degan dan harus ketemu dengan orang yang bisa bikin kita tenang dan happy. Memang kalau penata rias itu cocok-cocokan ya," tutur wanita 26 tahun itu.

4. Cara Kerja Memuaskan
Friska juga menekankan untk memilih makeup artist yang cara kerjanya bagus dan memuaskan. Misalnya, dari segi ketepatan waktu dan mudah dihubungi. Jangan sampai dia tiba-tiba menghilang tanpa kabar beberapa hari sebelum hari bahagia tersebut.

5. Lakukan Test Makeup
Satu bulan sampai dua minggu sebelum menikah, jangan ragu untuk lakuakn test makeup agar tahu bagaimana hasil riasannya. Hal itu juga membantu makeup artist mengenali jenis kulit dan produk apa yang sebaiknya dipakai.

"Jadi kalau kita nggak suka sama makeupnya bisa diperbaiki lagi dari awal. Dan satu lagi, setelah tes makeup kamu bisa manfaatkan untuk foto pre wedding atau bridal shower. Kan sayang sudah cantik-cantik tapi tidak diabadikan," tutup Friska. (itn/itn)