Doa untuk Orang Menikah Sakinah Mawadah Warohmah Arab, Latin, dan Artinya

Tim detikcom - wolipop Minggu, 16 Agu 2020 19:08 WIB
Muslim bride and groom at the mosque during a wedding ceremony Foto: iStock/Doa untuk Orang Menikah Sakinah Mawadah Warohmah Arab, Latin, dan Artinya
Jakarta -

Doa untuk orang menikah senantiasa dibaca Rasulullah SAW ketika ada sahabat atau orang yang nikah. Disebutkan dalam hadits riwayat Al Hakim dan Al Thahawi, dengan menikah seseorang telah melindungi separuh agamanya.

Berikut ini bunyi lengkap hadits riwayat Al Hakim dan Al Thahawi seperti dikutip dari, Buku Doa-doa untuk Pengantin karya Sita Simpati.

"Barangsiapa menikah, dia telah melindungi separuh agamanya, karena itu hendaklah dia bertakwa kepada Allah dalam memelihara separuhnya lagi." (HR Al Hakim dan Al Thahawi).

Di masa Rasulullah SAW ada beberapa sahabat berniat tidak menikah. Mereka ingin melajang dengan alasan agar bisa terus meningkatkan ibadah. Kabar itu pun kepada Nabi Muhammad SAW.

Kepada para sahabat tersebut Rasulullah SAW menjelaskan bahwa pilihan mereka salah. Seperti diriwayatkan dalam hadits riwayat al Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"Benarkah kalian telah berkata begini dan begitu? Demi Allah, sesungguhnya akulah yang paling takut kepada Allah dan paling takwa kepada-Nya di antara kalian. Akan tetapi, aku berpuasa dan aku berbuka, aku sholat dan aku pun tidur, aku juga menikahi perempuan. Maka barang siapa tidak menyukai Sunnahku, ia tidak termasuk golonganku". (HR Al-Bukhari).

Doa untuk orang menikah

Berikut doa untuk orang menikah agar sakinah mawadah warohmah yang diucapkan setelah akad nikah atau ijab qobul seperti dikutip dari buku Doa-doa untuk Pengantin oleh Sita Simpati:

بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينما في خير

Barakallahahu laka wa baarika 'alaika wajama'a bainakumaa fii khoiir

"Semoga Allah memberkahi engkau di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan semoga Allah (senantiasa) mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan." (HR Abu Dawud).

Setelah akad nikah, suami istri dihalalkan untuk berjimak. Berikut doa ketika suami menjimak seperti tercantum dalam buku 'Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawawi' oleh Imam an-Nawawi:

Dari Nabi saw. beliau bersabda:

"Jika seseorang dari kalian mendatangi istrinya maka membaca:

بسم الله الله جبنا الشيطان وجنيب الشيطان مارزقتنا

Bismillaahi Allaahumma jannibnasy syaithaana wa jannibisy syaithaana maa razaqtanaa.

"Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang engkau rezekikan kepada kami (anak kami nanti)."

Demikianlah doa untuk orang menikah agar sakinah mawadah warohmah. Semoga kita mendapat pahala dengan mendoakan mereka yang menikah.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)