Liputan Khusus Pernikahan Online

Ada Corona, Pernikahan dan Kondangan Online Jadi Tren di Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 25 Apr 2020 12:12 WIB
Vebby Palwinta Vebby Palwinta artis yang menyiarkan pernikahan online via Zoom. Foto: Instagram @renzilazuardi
Jakarta -

Menyiarkan pernikahan secara online kini jadi tren di kalangan pengantin yang menikah di tengah pandemi Corona. Tak ada resepsi di rumah atau gedung, para tamu pun kondangan online.

Aktris Vebby Palwinta termasuk salah satu pengantin yang menggelar pernikahannya dengan menyiarkan akad nikahnya melalui aplikasi Zoom. Vebby resmi menikah dengan Razi Bawazier pada 18 April 2020.

Vebby Palwinta dan Razie menikah di KUA Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Akad nikah tersebut hanya dihadiri keluarga terdekat mereka. Meski demikian rekan-rekan artis seperti Dhini Aminarti, Fenita Arie, Sandra Dewi dan Shireen Sungkar bisa ikut menyaksikan pernikahan tersebut secara online. Setelahnya mereka pun kondangan online memberikan ucapan selamat pada Vebby dan Razie melalui aplikasi video call tersebut.

Vebby Palwinta menikah, artis-artis kondangan online.Vebby Palwinta menikah, artis-artis kondangan online. Foto: Instagram



""Slide demi slide (pas lamaran - slesai prosesi akad alhamdulillah - si panganten perempuan - kami PAGER AYU yg ga jadi jalan HADIR DI ONLINE)," begitu Dhini Aminarti yang ikut kondangan online menulis di Instagramnya.

Sebelumnya ada juga selebgram hijab Mega Iskanti yang menyiarkan akad nikahnya secara online melalui Zoom. Hanya beberapa sahabat Mega yang mendapat undangan untuk kondangan online ini.



"Terima kasih untuk para sahabat yang tetap setia menonton akad nikah kami via Zoom #thankstotechnology. Mohon doanya untuk rumah tangga kami berdua, semoga diberkahi & dirahmati Allah," begitu Mega menulis di Instagramnya.

Selain melalui Zoom, ada juga pasangan pengantin yang menyiarkan pernikahan mereka secara online melalui Instagram. Seperti pasangan Soraya Aprilia dan Artha yang menikah pada 5 April 2020 memilih menggunakan Live Instagram untuk menayangkan akad nikah mereka pada keluarga dan teman-teman.

"Sebelumnya kami memikirkan opsi untuk via aplikasi lain nya seperti Zoom, akan tetapi setelah kami berdua berdiskusi, membandingkan, dan melihat kemudahan untuk para penonton prosesi akad nikah kami, kami memilih untuk via Instagram, dikarenakan mayoritas keluarga dan kerabat kami memiliki akun Instagram, videonya pun dapat langsung kami simpan, para penonton bisa langsung memberikan doa atau komentarnya langsung kepada kami, selain itu video Instagram live kami dapat terus disaksikan selama 24 jam di hari tersebut," ujar Soraya saat berbincang dengan Wolipop, Jumat (24/4/2020).

Apakah kondangan online ini artinya pernikahan juga digelar secara online? Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama R.I. Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A, pernikahan online bukanlah akad nikah secara online. Hanya pendaftarannya saja dilakukan secara online dan beberapa pengantin menyiarkan akad nikah mereka secara online.

Pendaftaran online untuk pernikahan ditetapkan pemerintah ketika pandemi Corona semakin merajalela. Namun saat ini pendaftaran pernikahan online sudah tidak bisa dilakukan karena sejak 20 April sudah ditutup.

"Untuk yang mengisi tanggal pernikahannya 20 April langsung tertolak. Karena kita Kementerian Agama bekerja dari rumah. Jadi harus tanggal pernikahannya diisi setelah 20 April," jelasnya dalam tayangan Hitam Putih Trans7.





Simak Video "Pesan Susi Pudjiastuti untuk Perajin Batik di Hari Batik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)