Cerita Wanita yang Viral Ungkap Kisah Ditinggal Suami Demi Keliling Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 24 Jul 2020 06:00 WIB
canca Canca dan putranya. Foto: Instagram @cancanindya
Jakarta -

Bagi pasangan muda yang ingin menikah, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari perencanaan keuangan hingga prioritas dalam berkeluarga. Dan untuk wanita, harus siap dengan peran barunya sebagai ibu dan istri. Sedangkan pria harus bertanggung jawab untuk anak dan istrinya.

Namun apa jadinya jika sang suami malah meninggalkan anak dan istrinya demi traveling keliling Indonesia dan ingin mewujudkan cita-citanya untuk solo traveling atau jalan-jalan sendirian. Inilah yang dialami pengguna Twitter yang mengungkapkan kisahnya di akun Cat Woman @Cancanindya.

"Teruntuk mantan yang ninggalin kita berdua waktu Gio masih 6 bulan gara2 mau traveling keliling Indonesia, makan tuh "kalo ngga sekarang kapan lagi". Kami sekarang bisa traveling tanpa harus pusing nebeng tinggal dan utang kanan kiri kaya kamu,"tulis @Cancanindya Rabu (22/7/2020).

Tweetnya itu kini jadi viral. Postingan Canca hingga Kamis (23/7/2020) sudah mendapatkan lebih dari 55 ribu Likes dan 12 ribu Retweets.

Dikonfirmasi Wolipop, wanita bernama lengkap Cancalita Anindyaputri ini mengungkapkan cerita lengkap dari kisahnya dan anaknya ditinggal suami demi travelling. Canca sendiri kini sudah bercerai dari suaminya itu.

Canca mengungkapkan mantan suaminya tersebut pergi tanpa pamit sewaktu anak mereka masih berusia 6 bulan. Putra mereka lahir pada 27 November 2015. Dan mantan suaminya pergi dari rumah demi traveling keliling Indonesia sendirian sekitar Mei atau Juni 2016.

cancaCanca Nindya. Foto: Instagram @cancanindya

"Aku inget karena waktu aku baru dapat gaji pertamaku dari kantor dulu, malamnya si mantan minta ngobrol bareng, dia bilang kalau dia mau pergi ke Timur buat traveling karena kebetulan ada barengannya. Waktu itu barengannya bule. Aku nggak bolehin karena aku kan udah mulai kerja kantoran, nanti siapa yang jagain anak di rumah. Ya memang ada ibu saya, tapi kan si mantan ini adalah bapaknya. Malam itu mantan minta uang Rp 600 ribu, katanya buat bayar utang. Gajiku waktu itu Rp 1,5 juta. Besoknya aku dapat telepon dari ibu kalau si mantan kabur lewat jendela, waktu anakku sama ibuku lagi tidur di kamar ibu. Aku izin kantor buat cari suamiku keliling terminal dan stasiun, ternyata nihil, itu pertemuan terakhir sampai sekarang," ungkap Canca ketika dihubungi oleh Wolipop, Rabu (22/7/2020).

Wanita yang akrab disapa Canca ini menuturkan dirinya sendiri memang memiliki hobi traveling. Dia bahkan bergabung dengan komunitas traveler. Dan dia mengajak sang mantan suami untuk bergabung ke dalam komunitas tersebut. Canca menduga mantan suaminya terinspirasi dari salah satu temannya seorang traveler dengan gaya traveling hitchiking atau menumpang truk.

Setelah kepergian mantan suaminya, Canca mengaku mengalami depresi. Dia bahkan pernah mencoba bunuh diri sampai sudah pamit ke ibu dan kakaknya. Namun berkat kekuatan dan nasihat dari sang ibu, dia mengurungkan niatnya.

"Aku sempet depresi juga, aku pernah sampe nggak mau pegang anakku sama sekali, nangis terus, sampai anakku nangis cuma aku lihatin aja. Dari situ aku mulai bangkit, motivasi aku buat buktiin ke semua orang kalo aku bisa jadi ibu yang baik. Semua hal aku lakuin buat anakku, jadi karyawan plus punya sambilan bikin karikatur. Sampai sekarang aku sudah punya usaha sendiri yang cukup menghasilkan," ucap Canca.

Canca kembali bangkit dari masa sulitnya dengan menjadi desainer interior di salah satu perusahaan di Solo. Tidak lama bekerja di perusahaan tersebut, dia direkrut sebuah perusahaan multinasional.

"Jadi designer product dengan salary yang cukup besar, dari situ aku mulai bangkit lagi bisa hidupin anakku, beli susu, ngasih ke ibuku yang single parent juga. Selain itu aku punya usaha online shop bikin-bikin vector buat kado wisuda, nikah dan lainnya. Habis dari sana ternyata karierku bagus. Akhirnya aku memutuskan jadi freelance designer untuk beberapa brand furniture di luar negri yang punya pabrik di Indonesia," kisahnya.

cancaCanca dan putranya. Foto: Instagram @cancanindya

Canca pun mulai membuka lembaran baru bersama dengan pria yang merupakan kerabat dari kakaknya. Setelah menjalin hubungan, mereka memutuskan menikah pada 17 Februari 2018. Dan Caca dikaruniai anak kedua. Kini mereka merintis usaha biro jasa dan desain interior.

Mengenai postingan kisah masa lalunya yang viral, Canca mengaku tak menyangkanya. "Aku nggak nyangka bisa jadi viral. Tapi ternyata di-retweet sama salah satu traveler yang tahu dia. Kaget sih, nggak nyangka, tapi bersyukur banyak yang kasih support dan doa baik buat kami sekeluarga. Sebenernya cuma iseng aja karena selama ini kalo nge-tweet tentang mantan ya paling yang nanggepin cuma teman-teman saja," ungkap Canca saat dihubungi Wolipop, Rabu (22/7/2020).

Menanggapi tanggapan warganet yang menyebutkan jika Canca belum bisa move on karena mengungkit masa lalu, dia tak mempermasalahkannya. Menurut Canca, dirinya tak bisa mengontrol pendapat orang lain.

"Aku nggak bisa kontrol pikiran orang lain kan. Aku sudah move on alhamdulillah, tapi lukanya susah dilupakan dan sebenernya Tweet itu aku tulis buat self reward atas capaianku sekarang, yang bisa bales ucapan dia ke aku dulu. Tapi ternyata di-retweet sama salah satu traveler akun verified yang tahu kejelekan mantan di dunia traveling," tambahnya.

Diakhir wawancara, Canca pun memberikan pesan untuk pasangan muda yang ingin menikah. Menurutnya pasangan tersebut harus sudah memiliki persiapan mental untuk menikah.

"Selesaikan dulu dengan diri sendiri dan harus tahu kalau prioritas sudah berubah, selain Tuhan yang paling penting, ada keluarga baru yang menjadi tanggungjawab dia. Pesan buat perempuan, menikah itu bukan solusi dari sebuah permasalahan, kaya capek kerja maunya nikah aja, atau capek kuliah maunya nikah aja. Menikah juga bukan alasan untuk berhenti mengeksplor skill yang kita punya, karena bagaimana pun mandiri secara finansial itu juga perlu walaupun udah dinafkahi, ya sebagai payung sebelum hujan badai datang tiba-tiba," tutur wanita yang tinggal di Solo, Jawa Tengah itu.



Simak Video "Bikin Baju dari Tas Louis Vuitton dan Gucci, Wanita Filipina Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)