Tren Virtual Wedding, Cerita Pasangan yang Tayangkan Akad Nikah via Zoom

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 25 Apr 2020 16:34 WIB
Rumman Amanda Foto: dok. Pribadi Rumman Amanda
Jakarta -

Virtual wedding alias menayangkan pernikahan secara online kini banyak dilakukan pasangan yang menikah di tengah pandemi Corona. Pernikahan online ini jadi alternatif agar teman dan keluarga besar bisa tetap ikut menyaksikan hari bahagia pengantin.

Seperti pasangan Rumman Amanda dan Wisnu Wardhana yang menikah pada 18 April 2020. Keduanya memutuskan menanyangkan akad nikah mereka untuk keluarga dan teman dengan menggunakan aplikasi video call Zoom.

Rumman AmandaRumman Amanda Foto: dok. Pribadi Rumman Amanda



Rumman Amanda mengatakan sejak awal dirinya dan pasangannya memang tidak berencana menggelar pernikahan dengan besar-besaran.
"Dari awal kita memang tidak mengadakan acara dengan tamu undangan yang banyak, hanya keluarga dan teman terdekat. Awalnya kita mau venuenya di Mesjid Sunda Kelapa, hanya akad nikah yang dilanjutkan dengan ramah tamah kecil-kecilan," ungkap Rumman saat dihubungi oleh Wolipop, Kamis (23/4/2020).

Namun ketika virus Corona semakin menyebar di Indonesia, Rumman merasa harus merombak total rencana pernikahannya. Dia menyiapkan berbagai alternatif rencana.

"Lumayan deg-degan karena situasinya kelurahan dan KUA tutup operasional sampai awal April. Lalu, kami koordinasi untuk pindah venue ke Masjid At-Taqwa di Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan karena mempertimbangkan jarak," ucapnya.

Rumman bersyukur dia bisa tetap melakasanakan pernikahan sesuai rencana yaitu pada 18 April 2020. Namun keinginan menikah di masjid tak dapat terlaksana karena sesuai aturan terkait adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pernikahan hanya bisa dilakukan di KUA.

"Sesuai peraturan bahwa pernikahan hanya bisa dilakukan di KUA, akhirnya kami melangsungkan pernikahan di KUA Kebayoran Baru. Dengan hanya 6 tamu undangan. Jam 14.00 WIB dijadwalkan untuk prosesi akad, jam 14.10 acaranya dimulai dan jam 14.21 WIB kami dinyatakan sah sebagai suami dan istri oleh penghulu," katanya lega.

Meski hanya dihadiri enam orang, namun hari bahagia Rumman dan Wisnu itu bisa tetap dilihat oleh kerabat dan keluarga besar mereka secara virtual. Wanita yang bekerja sebagai Director of Public Relations Four Seasons Hotel Jakarta itu menyiarkan akad nikahnya dengan Wisnu melalui Zoom, dan pernikahan onlinenya itu 'dihadiri' oleh 80 orang, bahkan dari keluarga ada juga yang sampai bikin nobar. Kata Rumman, hal ini dilakukannya sesuai permintaan teman-temannya.

"Karena mereka juga ingin hadir kan. Tapi karena keadaannya tidak memungkinkan, mereka minta kita bikin live dari Zoom. Jadi walaupun keluarga besar dan teman-teman dekat kami tidak bisa hadir secara langsung, kami ingin mereka untuk hadir di pernikahan kami, meskipun secara virtual," jelasnya.


Bagi pasangan yang berniat melakukan hal serupa, Rumman memiliki beberapa saran. Pertama siapkan alat perekam video yang memiliki kualitas gambar baik.

"Saya rasa penting untuk punya standar kualitas gambar agar video terlihat jelas dan juga satu orang dari tamu atau keluarga yang datang untuk membantu mengaturnya. Kemarin saya sendiri yang set up lumayan jadi ribet," tuturnya.

Menikah secara sederhana di tengah pandemi, Rumman merasa bersyukur hari baahagianya tetap bisa terlaksana. Dia pun menyampaikan pesan untuk calon pengantin yang akan bernasib serupa dengannya.

"Setiap pasangan pasti ingin acara pernikahannya sempurna, tapi pada akhirnya, esensinya adalah ijab kabul dan menjadi pasangan yang sah secara agama dan hukum. Resepsi atau pesta pernikahan itu adalah privilege yang bisa kita lakukan di kala waktu mengizinkan. Terima dengan lapang dada bahwa situasi dunia saat ini tidak memungkinkan untuk segala sesuatu yang tadinya normal dan ideal," tutupnya.




Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/kik)