Viral Pengantin Disembur Asap Rokok oleh Perias, Ini Makna Adat di Baliknya

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 11 Jun 2019 12:02 WIB
Ilustrasi pernikahan adat Jawa. Foto: Dok. iStock Ilustrasi pernikahan adat Jawa. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Video seorang pengantin dengan rambut paes khas Jawa disembur asap rokok oleh periasnya menjadi viral. Netizen terheran-heran kenapa sang pengantin disembur asap?

Dalam video berdurasi 27 detik itu terlihat seorang pengantin perempuan duduk di kursi. Penampilannya sudah paripurna memakai kebaya dan riasan serta sanggul dengan hiasan paes khas pengantin Jawa.

Video yang diunggah akun Twitter @BangPino_ ini menjadi atensi netizen karena aksi seorang wanita yang menghembuskan asap rokok ke wajah sang pengantin. Wanita yang diduga sebagai perias pengantin itu tampak memegang kedua bahu wanita yang didandaninya sebelum menghisap rokok dan menyemburkan asapnya ke wajah sang pengantin.

Video yang sudah di-retweet lebih dari 2.000 kali itu pun dibanjiri komentar netizen. Mereka bertanya-tanya kenapa pengantin yang sudah cantik mendapat semburan asap rokok di wajahnya.



"Udah capek-capek didandanin disembur asap rokok. Itu si ibu apa lupa naro asbak sampe muka pengantin jadi pelampiasan," tulis netizen. "Biar apaan sih disembur asap gitu?" tanya netizen lainnya. "Fogging biar nggak digigit nyamuk ya," kata netizen lain.



Sebagian netizen lain yang sudah pernah menikah dengan adat Jawa memberikan penjelasan makna sebenarnya di balik aksi meniupkan asap rokok ke wajah pengantin tersebut. Menurut mereka, aksi tersebut memang sudah bagian dari ritual perias atau dukun manten. Aksi meniupkan asap rokok ke wajah pengantin itu dalam ritual riasan pengantin Jawa disebut sembaga.

Dalam cerita pendek karya Arswendo Atmowiloto berjudul Bu Geni di Bulan Desember yang mengangkat kisah tentang perias pengantin, ritual sembaga ini pun disebutkan. "Bu Geni bukan perias biasa. Beliau mampu mengubah calon pengantin perempuan menjadi sedemikian cantiknya sehingga benar-benar manglingi, tak dikenali lagi. Salah satu keistimewaan beliau adalah menyemburkan asap rokok ke wajah calon pengantin. Menurut tradisi, katanya ini disembagani, dijadikan seperti kulit tembaga. Bukan emas. Hampir semua perias pengantin memakai cara yang sama, namun tak ada yang menyamai kelebihannya," demikian tulisan Arswendo.

Ritual sembaga dilakukan perias pengantin dengan maksud membuat pengantin tampil manglingi seperti bidadari atau beda dari biasanya. Selain meniupkan asap rokok ke wajah, ritual sembaga ini juga disertai pengucapan doa-doa setelah merias, lalu meniup ubun-ubun pengantin sebanyak tiga kali.


(eny/eny)