Lakukan 6 Hal Ini Untuk Menikah Tanpa Merepotkan Biaya Orangtua

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 21 Jul 2017 19:17 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Menikah adalah salah satu momen terindah yang diidamkan oleh setiap pasangan. Untuk berani mengikat simpul janji suci ini tentunya dibutuhkan segala kesiapan mulai dari siap secara psikis hingga materi atau finansial. Mungkin bagi sebagian orang tak masalah jika harus menikah dengan biaya dari orangtua. Tapi akan lebih baik lagi jika Anda bisa bersikap mandiri dan dewasa dengan tidak melibatkan orangtua untuk mengurus biaya pernikahan Anda. Berikut enam langkah yang bisa dilakukan untuk menikah dengan biaya sendiri tanpa merepotkan orangtua.

1. Tentukan Target

Tentukan terlebih dahulu target kapan Anda akan menikah dengan pasangan. Dengan begitu Anda sudah bisa mengatur keuangan mulai dari sekarang. Tak hanya itu, target menikah yang telah ditentukan ini juga akan mendorong Anda lebih termotivasi untuk menabung dan tahu menggunakan uang dengan sebaik-baiknya.

2. Sisihkan Gaji Setiap Bulan

Untuk mewujudkan pernikahan sesuai dengan target yang telah ditetapkan itu, Anda dan pasangan juga harus menyisihkan gaji yang diterima untuk dikhususkan sebagai biaya pernikahan. Anda bisa menetapkan 30 persen dari pendapatan Anda perbulan untuk kemudian ditabung.

3. Buat Perencanaan

Biaya pesta pernikahan memang kian lama akan semakin mahal. Meskipun demikian, Anda sebaiknya menentukan terlebih dahulu perencanaan biaya pengeluaran di resepsi pernikahan nanti. Atur perencanaan budget mulai dari biaya catering makanan, sewa makeup artist, dan fotografer sehingga Anda sudah matang dan dapat membayangkan atau mempersiapkan berapa kira-kira budget yang dibutuhkan.

4. Kurangi Kebiasaan Jajan

Kalau Anda sudah punya target harus memiliki uang diwaktu tertentu, Anda harus siap dengan konsekuen dan segala risiko dari target nikah itu. Salah satunya adalah dengan melakukan penghematan terhadap pengeluaran. Kurangi kebiasaan jajan di luar, Anda bisa membawa bekal dari rumah agar pengeluaran bisa diminimalisir.

5. Hemat Saat Kencan

Tak hanya mengurangi pengeluaran untuk jajan makanan saja, Anda juga harus bisa berhemat ketika kencan dengan kekasih. Kencan memang diperlukan untuk menjaga hubunga kalian tetap harmonis, tapi jangan sampai budget untuk berkencan ini terlalu banyak. Anda bisa membuat acara kencan sendiri di rumah misalnya dengan menonton film atau masak bersama.

6. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Setelah menetapkan target dan menabung, Anda dan pasangan juga harus mulai mengatur segala pemasukan dan pengeluaran. Catat semua pendapatan dan pengeluaran biaya dalam sebulan agar pengelolaan uang menjadi lebih rapi dan tak terbuang secara percuma. (agm/agm)