Mengapa Donald Trump Tidak Pernah Pakai Cincin Kawin?

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 02 Feb 2017 10:33 WIB
Foto: REUTERS/Jonathan Ernst
Jakarta - Pada 2004, Donald Trump melamar Melania Knauss atau yang kini lebih dikenal sebagai Melania Trump dengan cincin yang bernilai hingga 1,5 juta dollar. Setahun setelahnya, model seksi kelahiran Slovenia itu ditemui Trump di tahun '98 dinikahi oleh sang pengusaha real estate yang kini resmi menjadi presiden Amerika Serikat dengan cincin kawin berlian 13 karat.

Tapi, selama ini Trump tidak pernah sekali pun terlihat menggunakan cincin kawin. Pria 70 tahun itu tidak pernah mengungkapkan alasannya. Seperti dikutip dari Marie Claire, pihak Gedung Putih pun tidak mau merespon soal pertanyaan dari media terkait cincin kawin Trump.
Mengapa Donald Trump Tidak Pernah Pakai Cincin Kawin? Foto: REUTERS/Jonathan Ernst

Faktanya bukan kali ini saja Trump tidak menggunakan cincin kawin. Pada pernikahan pertamanya dengan Ivana Zelnickova, ayah lima orang anak itu juga tidak mengenakan cincin kawin. Selama pernikahan kedua dengan Marla Maples dia pernah menggunakannya sekali di hari pernikahannya.

Tonton video 20detik di sini:


Menanggapi hal tersebut, pakar hubungan dan piskolog Jeanne Safer menjabarkan alasan atau kemungkinan-kemungkinan ketika pria tidak menggunakan cincin kawin. Adakah hubungannya dengan ketidaksetiaan pria?

"Mungkin secara tidak sadar bahwa ada sinyal keinginan untuk berselingkuh, entah secara nyata atau di dalam fantasinya," kata Jeanne seperti dikutip dari New York Times.
Mengapa Donald Trump Tidak Pernah Pakai Cincin Kawin? Foto: Chris Jackson/Getty Images

Faktanya tidak hanya Donald Trump saja yang tidak menggunakan cincin kawin selama pernikahannya. Pangeran William pun diketahui tidak pernah menggunakan cincin kawin. William pernah menanggapi hal tersebut. Secara bijak dia mengatakan bahwa tidak menggunakan cincin kawin memiliki alasan pribadi .

New York Magazine mengadakan survei kecil-kecilan dan menanyakan pendapat beberapa pria yang tidak menggunakan cincin pernikahannya. Kebanyakan dari mereka secara jujur menjawab bahwa mereka tidak ingin diketahui sudah menikah.

"Sekali kamu dilabelkan menikah, Anda akan kehilangan perhatian banyak orang yang tadinya memperhatikan," kata seorang pria. Tapi ada juga pria yang beralasan bahwa dia tidak menyukai menggunakan perhiasan.

Sementara ahli etika di Inggris William Hanson berpendapat bahwa tidak biasa para pria di Inggris menggunakan cincin kawin. Menurutnya bukan berarti mereka yang tidak menggunakan cincin kawin ingin bermain-main di luar rumah.

"Tapi karena tradisinya di Inggris pada pria tidak menggunakan perhiasan, bahkan dulu pria pun tidak menggunakan jam tangan," ucap Hanson.

(kik/kik)