Pakar Seks Ungkap Ini yang Terjadi Pada Tubuh saat Wanita Orgasme

Hestianingsih - wolipop Senin, 19 Apr 2021 21:00 WIB
Beautiful loving couple kissing in bed. beautiful young couple lying together on the bed. Romantic young couple in love lying on bed. Beautiful couple smiling in bed. Foto: Getty Images/iStockphoto/stefanamer
Jakarta -

Orgasme digadang-gadang sebagai puncak kenikmatan saat bercinta. Baik bagi pria maupun wanita.

Namun mirisnya tidak sedikit wanita yang tidak tahu seperti apa rasanya orgasme dan apa yang terjadi pada tubuh ketika orgasme. Menurut pakar seks Nadia Bokody, sebuah studi menunjukkan 15 persen wanita belum pernah sekali pun merasakan orgasme sehingga tidak heran jika timbul pertanyaan seputar orgasme di kalangan wanita.

Sebagai seksolog, Nadia kerap kali mendapat pertanyaan seperti, "Bagaimana saya tahu sudah mencapai orgasme atau belum?" yang menurutnya cukup miris. Sebab di era modern seperti ini seksualitas wanita masih belum banyak dibahas dalam edukasi seks.

"Edukasi seks membahas soal kenikmatan pada pria sementara wanita dikeluarkan dari pembahasan. Begitu juga film porno, seks disorot dari sudut pandang pria, di mana wanita hanya berperan sebagai saluran untuk mencapai orgasme pria," tuturnya seperti dikutip dari Daily Star.

Lantas seperti apa ketika seseorang orgasme? Menurut Nadia jawabannya bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tapi secara garis besar ada respons yang terjadi pada tubuh saat mencapai klimaks.

"Ketika klimaks, wanita akan mengalami kenaikan tekanan darah dan napasnya juga lebih cepat. Terjadi pula kontraksi berkala pada otot vagina, serta kontraksi spontan di seluruh tubuh," jelas Nadia.

Nadia juga memberi saran agar wanita lebih mudah meraih orgasme ketika bercinta. Dia menyarankan untuk tidak terlalu fokus pada pencapaian klimaks tapi nikmati saja prosesnya.

Lebih terpenting lagi, minta pasangan untuk memberikan stimulasi klitoris ketika foreplay. Stimulasi bisa dilakukan dengan gerakan jari atau alat lain seperti dildo, vibrator, juga penis.

"Area klitoris adalah area paling sensitif ketimbang vagina. Jadi saat mendapat stimulasi, bisa membuat wanita lebih bergairah ketimbang penetrasi vagina," jelas Psikolog Seks Dr. Petra Boynton.

(hst/hst)