3 Posisi Seks Saat Hamil yang Aman Menurut Pakar

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 08 Apr 2021 21:00 WIB
Adult couple - husband and pregnant wife sharing love in bed in the evening, hugging, kissing, holding baby bump and enjoying in their common happiness Ilustrasi posisi seks saat hamil yang aman. Foto: iStock
Jakarta -

Kehamilan bisa membuat wanita kehilangan gairah seksnya. Saat hamil wanita juga akan merasa khawatir untuk bercinta. Apa posisi seks saat hamil yang aman?

Ketika hamil wanita ragu untuk bercinta karena berpikir hubungan seks dengan pasangan dapat berpengaruh buruk pada janin. Nyatanya menurut seksolog, Dr. Kat Van Kirk, bercinta saat hamil tetap harus dilakukan.

Kat Van Kirk Hal yang meraih gelar doktor seksologi klinis dari Institute for the Advanced Study of Human Sexuality tu mengatakan bercinta saat hamil justru bermanfaat untuk wanita. "Bercinta saat hamil sangat penting, tidak hanya untuk keintiman dan kedekatan dengan pasangan, tapi dapat melepas hormom oksitosin yang didapat dari sentuhan fisik dengan pasangan," kata Kat.

Penulis buku The Married Sex Solution: A Realistic Guide to Saving Your Sex Life itu menjelaskan, ketika hormon oksitosin keluar maka wanita hamil akan lebih bahagia sehingga perkembangan bayi pun menjadi lebih baik. "Penelitian menunjukkan bahwa oksitosin baik untuk bayi dalam kandungan," jelas Kat.

Agar bumil alias ibu hamil tak ragu bercinta, berikut tiga posisi seks saat hamil yang aman:

1. Spooning

"Bagian serviks sangat sensitif saat hamil," ujar Kat. Sehingga posisi yang aman untuk ibu hamil adalah spooning. Di mana suami berada di belakang wanita. Posisi ini membuat Mr. Happy tidak masuk terlalu dalam. Posisi ini pun dinilai lebih intim karena suami bebas mengeksplor bagian depan tubuh istri dan memegang perut.

2. Bercinta dengan Posisi Duduk

Posisi seks saat hamil berikutnya adalah duduk dengan wanita berada di pangkuan pria dan membelakanginya. Pilihlah kursi dengan ukuran tidak terlalu kecil agar bercinta menjadi lebih nyaman.

"Posisi ini sangat menyenangkan untuk wanita hamil karena bisa mengontrol seberapa dalam dan dapar mengatur kecepatan," jelas pakar seks Eric Marlowe Garrison.

3. Bercinta dengan Posisi Telentang

Posisi wanita telentang dan pria duduk menjadi gaya seks hamil yang aman. Satu kaki wanita berada di atas kaki pria sehingga dengan mudah pria memasukkan Mr. Happy. "Pria bisa mengatur posisinya senyaman mungkin tanpa perlu mengenai perut wanita," ujar ahli seks Dr. Van Kirk.

Itulah tiga posisi seks saat hamil yang bisa dicoba kamu dan suami. Jika ragu untuk melakukan seks saat hamil, tidak ada salahnya kamu berkonsultasi dengan dokter kandungan.



Simak Video "13 Tahun Menikah, Hanya Berhubungan Seksual 3 Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)