10 Manfaat Memakai Kondom Saat Bercinta

Lukita Wardani - wolipop Senin, 29 Mar 2021 05:25 WIB
inovasi kondom Manfaat memakai kondom saat bercinta. Foto: thinkstock
Jakarta -

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang umum digunakan untuk mencegah kehamilan. Manfaat memakai kondom saat bercinta juga dapat melindungi diri dari infeksi menular seksual (IMS). Apalagi manfaat memakai kondom saat bercinta?

Kondom merupakan jenis kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan sekitar 85%-90%. Kondom sendiri terbuat dari lateks atau karet, poliisoprena, atau poliuretan yang sangat tipis dan telah dirancang untuk menghentikan sperma agar tidak masuk ke dalam vagina.

Kondom sendiri terdiri dari dua jenis yaitu kondom eksternal dan kondom internal. Kondom eksternal biasa digunakan untuk pria bisa disebut juga dengan kondom pria. Kondom yang banyak dan umum di pasaran adalah kondom pria.

Dan kondom internal biasa digunakan untuk wanita bisa disebut juga dengan kondom wanita. Kondom wanita ini belum banyak digunakan meski juga bisa dibeli tanpa resep dokter.

Riset menunjukkan kondom baik jenis internal ataupun eksternal, efektif dalam melawan atau mencegah penyakit seksual berbahaya seperti HIV, virus yang menyebabkan AIDS. Selain itu kondom juga terbukti dapat mengurangi risiko ejakulasi dini.

Berikut berbagai manfaat memakai kondom saat bercinta:

inovasi kondomManfaat memakai kondom saat bercinta. Foto: thinkstock

1. Bila digunakan dengan benar dan konsisten, kondom menjadi metode yang dapat diandalkan untuk mencegah kehamilan dan melindungi kedua pasangan dari IMS (infeksi menular seksual), termasuk klamidia, gonore dan HIV.

2. Dengan mencegah IMS, kondom pun bermanfaat menjaga kesuburan pasangan. Infeksi menular seksual sendiri dapat menghambat kehamilan dan mempengaruhi kesuburan.

inovasi kondomKondom Foto: thinkstock

3. Berbeda dengan alat kontrasepsi lainnya, tidak perlu persiapan sebelum memakai kondom seperti konsultasi ke dokter, klinik atau sebagainya. Jadi manfaat memakai kondom saat bercinta adalah praktis dan mudah digunakan.

4. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada efek samping medis dari penggunaan kondom.

5. Kondom murah, mudah ditemui dan tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan rasa.

Couple Practicing Safe SexManfaat kondom Foto: Thinkstock

6. Penggunaan kondom juga dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari kanker serviks, penyakit terkait HPV.

7. Manfaat kodom dapat menurunkan ejakulasi dini dan memperpanjang hubungan seksual.

Condom and packages. Vector flat illustration isolated on white background.Kondom. Foto: Thinkstock

8. Manfaat memakai kondom saat bercinta dapat menangkap air mani, jadi tidak ada yang menetes ke vagina setelah berhubungan.

9. Pemakaian kondom saat bercinta memiliki efek samping yang minimal.

10. Memakai kondom saat bercinta tidak mempengaruhi siklus menstruasi

Itulah manfaat memakai kondom saat bercinta untuk pasangan menikah. Meski memiliki berbagai manfaat, kondom tidak disarankan sebagai alat kontrasepsi jangka panjang karena risiko kelalaian dari pemakainya bisa saja terjadi.



Simak Video "Wow! Brand Fashion YSL Jual Kondom"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)