3 Posisi Seks Terbaik untuk Penderita Sakit Punggung

Hestianingsih - wolipop Selasa, 05 Jan 2021 21:30 WIB
Closeup side view of late 20s couple kissing in bed which probably leads to some love making. They are both still wearing pajamas and everything is decent. Ilustrasi pasangan bercinta. Foto: Istock
Jakarta -

Sakit punggung bisa mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk berhubungan seks dengan pasangan. Berdasarkan Asosiasi Chiropractic Amerika, sakit punggung memengaruhi kehidupan delapan dari 10 penderita.

Bercinta ketika menderita sakit punggung, terutama bagian bawah, memang bisa sangat menyiksa. Tapi bukan berarti Anda dan pasangan tidak bisa menikmati seks. Asalkan tahu posisi bercinta yang tepat.

Menurut penelitian dari University of Waterloo, ini tiga posisi seks yang paling aman dan nyaman untuk penderita sakit punggung. Baik untuk pria maupun wanita.

1. Spooning

Bercinta dengan posisi tubuh menyamping ke satu arah sangat direkomendasikan untuk wanita yang menderita sakit punggung. Posisi seks ini tidak memberikan beban tambahan pada tubuh.

Posisi bercinta spooning juga aman bagi mereka yang bermasalah pada tulang belakang. Sebab tak perlu membungkukkan atau melekukkan tubuh saat penetrasi.

2. Misionaris

Posisi seks klasik ini aman untuk wanita yang punya masalah dengan lekukan tulang belakang. Agar lebih nyaman saat bercinta, Natalie Sidokewicz dari University of Waterloo menyarankan untuk memfokuskan gerakan pada pinggul dan lutut, bukan tulang belakang.

Dia juga merekomendasikan penggunaan bantal kecil yang ditempatkan pada lekukan tulang belakang. Hal ini berguna untuk bantu menopang beban pada pasangan yang posisinya di bawah.

3. Doggy Style

Posisi seks ini juga nyaman untuk yang menderita sakit punggung karena tubuh tidak perlu membungkuk atau melengkung saat bercinta. Selain itu juga tidak perlu menahan beban.

Seperti dikutip dari Insider, posisi seks doggy style cocok untuk pria yang mengalami sakit punggung atau persendian kaku. Akan lebih baik jika sang pria dalam posisi berdiri, sementara wanita mengambil posisi di atas tempat tidur.

(hst/hst)