Riset: Istri Lebih Dominan dari Suami = Jarang Bercinta

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 14 Nov 2019 22:00 WIB
Ilustrasi pasangan suami - istri. Foto: iStock Ilustrasi pasangan suami - istri. Foto: iStock

Jakarta - Sikap sehari-hari istri di rumah terhadap suami ternyata bisa menyebabkan kehidupan seks menjadi terganggu. Riset membuktikan istri yang lebih dominan dari suami cenderung jarang bercinta.

Penelitian itu dilakukan oleh tim dari Johns Hopkins University dan dimuat dalam Journal of Sex, Oktober 2011. Dalam penelitian tersebut yang menjadi responden adalah wanita dari enam negara di Afrika.

Dikutip dari Telegraph, saat diteliti, para responden ditanya soal kapan terakhir mereka melakukan hubungan intim. Responden juga diminta menjawab pertanyaan siapa yang memberikan keputusan terakhir dalam urusan kesehatan sampai masalah rumah tangga.



Setelah diteliti hasilnya wanita yang banyak mengambil keputusan jarang berbagi keintiman dengan pasangannya. "Semakin banyak keputusan dibuat oleh wanita, dibandingkan dengan yang mengambil keputusan bersama-sama, semakin jarang juga si wanita berhubungan seks," ujar pimpinan penelitian itu Michelle Hindin.

Penelitian tersebut juga menunjukkan semakin dominan dan tegas seorang wanita, dia 100 kali lebih jarang berhubungan seks. Namun para peneliti memberi catatan, hal di atas tidak selalu terjadi. Bisa juga karena si wanita memang mengontrol preferensi seksualnya.

"Memahami bagaimana posisi wanita dalam urusan rumah tangga mempengaruhi kehidupan seks mereka, penting untuk melindungi hak seksual wanita dan membantu mereka mendapatkan kehidupan seksual yang aman dan nyaman," jelas pendamping penelitian itu, Carie Muntifering.

Lokasi di mana wanita tersebut tinggal juga mempengaruhi hasil penelitian tersebut. Penelitian yang dilakukan Florida State University, menemukan semakin adil pasangan melakukan pengambilan keputusan, makin sering juga mereka bercinta. Dalam penelitian itu yang menjadi responden adalah 300 ribu orang yang tinggal di 37 negara.

Penelitian para ilmuwan di Florida itu juga menemukan, semakin tinggi kesadaran pasangan pada kesetaraan gender, semakin sering juga mereka berhubungan seks. Sedangkan di negara yang kesetaraan gendernya kurang, pasangan lebih jarang bercinta.



Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)