Penting, 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Cukur Rambut Miss V

Arina Yulistara - wolipop Senin, 25 Jul 2016 19:00 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock

Jakarta - Beberapa wanita malu untuk mencukur rambut kemaluan di salon. Tak sedikit di antaranya yang memilih memangkas rambut Miss V sendiri di rumah. Ketika akan mencukur bulu Miss V tanpa pergi ke salon sebaiknya penting memperhatikan beberapa hal agar tidak mempengaruhi kesehatan Miss V Anda. Simak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mencukur rambut Miss V.

1. Tidak Berbagi Pisau Cukur
Jangan berbagi pisau cukur dengan orang lain. Misalnya saja teman datang ke rumah dan ingin meminjam pisau cukur Anda sebaiknya tidak menggunakan pisau yang sama. Gynecologist Alyssa Dweck mengatakan bahwa berbagi pisau cukur bisa mengakibatkan Anda tertular penyakit yang tak diinginkan.

"Berbagi pisau cukur dengan seseorang yang mungkin memiliki herpes atau masalah kulit lainnya terutama infeksi bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit tersebut," ujar Alyssa.

2. Selalu Gunakan Krim
Alyssa juga menyarankan untuk menggunakan krim atau sabun saat memangkas rambut Miss V. Krim dapat memudahkan Anda saat mencukur rambut kemaluan. Selain itu krim juga meminimalkan risiko kulit vagina lecet atau terluka.

Baca juga: 50 Inspirasi OOTD Hijabers Dunia

3. Cukur Mengikuti Arah Pertumbuhan Rambut
Jangan samakan cara mencukur bulu kaki dengan rambut Miss V. Ketika mencukur bulu kaki Anda cenderung 'menariknya' ke atas berlawanan dengan tumbuhnya bulu-bulu tersebut. Tidak ketika mencukur rambut Miss V, sebaiknya searah dengan pertumbuhan bulunya untuk menimalkan risiko kulit lecet.

"Di daerah genital, kulit lebih sensitif. Untuk mengurangi risiko lecet ada baiknya mencukur sesuai dengan arah rambut tumbuh," saran Alyssa.

4. Tidak Mencukur Saat PMS
Hindari mencukur bulu kemaluan saat PMS. Ketika akan menstruasi, kulit berubah menjadi lebih sensitif. Hal tersebut bisa membuat proses mencukur menjadi lebih sakit dari biasanya. Sebaiknya mencukur satu minggu setelah datang bulan.

5. Pencahayaan Harus Bagus
Alyssa mengatakan banyak wanita yang terluka di area Miss V karena proses penghilangan rambut menggunakan pisau cukur. Salah satu faktor utamanya karena mereka tidak memiliki pencahayaan yang bagus saat mencukur rambut Miss V.

"Banyak wanita yang memutuskan untuk memangkas rambut (kemaluan) sendiri. Jika mereka tidak melihat cermin atau mendapatkan pencahayaan yang baik itu bisa menyebabkan luka yang cukup buruk bahkan pendarahan," jelas Alyssa memperingati.


(ays/ays)