Yogasm, Fenomena Orgasme Saat Latihan Yoga yang Dialami Wanita

Hestianingsih - wolipop Rabu, 22 Apr 2015 19:36 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Mungkinkah wanita mencapai orgasme tanpa penetrasi seks atau masturbasi? Mungkin saja. Yogasm, kini sedang menjadi fenomena di kalangan pegiat yoga, khususnya Australia. Yogasm merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan orgasme yang didapat karena melakukan postur-postur yoga tertentu.

Sebuah studio yoga di Sydney, Australia mendapati fenomena unik dimana beberapa pesertanya mengatakan mengalami sensasi nikmat dan menyenangkan saat melakukan yoga. Adalah Kate Kendall, instruktur yoga dan pendiri studio Flow Athletic yang menerima 'laporan' tersebut.

Kepada Daily Mail Australia, Kate mengatakan, "Ada beberapa wanita yang mengatakan pada saya kalau mereka hampir atau mengalami klimaks saat melakukan postur tertentu."

Ia juga menuturkan, sensasi orgasme ini muncul bukan karena ada gairah seks terhadap instruktur yoga atau orang-orang di sekelilingnya namun semata-mata karena stimulasi dari posisi yoga yang sedang dilakukan.

Posisi yoga yang melibatkan area perut dan pelvis, diyakini sebagai penyebab munculnya sensasi nikmat seperti orgasme. Pendapat Kate pun didukung penemuan ilmiah. Berdasarkan hasil studi dari University of India, orgasme saat berolahraga (exercise induced orgasms - EIO) atau yang lebih dikenal dengan istilah coregasm mungkin saja terjadi dan 40 persen wanita pernah mengalaminya.

Studi tersebut menemukan, olahraga yang melibatkan otot perut seperti crunch dan squat merupakan gerakan EIO berintensitas tinggi, dimana kemungkinan untuk merasakan orgasme lebih tinggi. Dari penelitian, terhitung ada 20 persen wanita yang mengatakan bahwa yoga telah membantu mereka mencapai orgasme.  

Baca Juga: 50 Momen Menghebokan dari Pekan Mode Dunia

Penelitian lainnya yang dimuat dalam The Journal of Sexual Medicine juga menunjukkan bahwa rutin latihan yoga bisa meningkatkan fungsi seksual pada wanita. Baik itu dari segi gairah, rangsangan, sensitivitas pada stimulasi seks, orgasme juga kepuasan bercinta secara menyeluruh (tidak hanya fisik tapi juga mental).

Dalam studi tersebut, partisipan diminta melakukan 22 posisi yoga yang fokus pada otot perut, pelvis, fungsi sistem pencernaan, fungsi persendian dan gerakan yang meningkatkan mood positif. Setelah 12 minggu rutin latihan, hampir 75 persen wanita menyatakan kalau kehidupan seks mereka jauh lebih memuaskan.

"(Yoga) adalah latihan yang melatih Anda untuk lebih mengenali tubuh sendiri, tapi tidak bisa disamakan dengan bercinta. Pose tubuh yang bisa membantu Anda mencapai ke situ (orgasme -red) adalah pose yang fokus pada area perut dan oleh karena itu berpengaruh terhadap organ seks, postur-postur dasar yang mengaktifkan chakra dan akhirnya meningkatkan energi seksual," tutur Raj Barker, seorang instruktur yoga yang berbasis di Sydney, Australia.

Pose-pose yoga yang membuka kedua pinggul dan area selangkangan, juga bisa membantu wanita mendapatkan orgasme. Didukung dengan ritme napas yang perlahan dan lembut, sensasi yang muncul akan lebih intens. Selain meningkatkan gairah seksual, yoga juga bisa menambah fleksibilitas tubuh yang memungkinkan Anda melakukan posisi-posisi bercinta sulit dengan pasangan. (Hestianingsih/Hestianingsih)