ADVERTISEMENT

Wanita Mudah Marah Saat PMS, Pria Juga Ikut Andil Sebagai Pemicunya

- wolipop Kamis, 10 Apr 2014 20:30 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Saat PMS, emosi wanita seringkali tak terkontrol karena perubahan hormon. Dalam masa tersebut wanita menjadi mudah marah, sensitif bahkan frustasi. Kalau sudah begitu, pria sering dipusingkan karena apapun yang dilakukan mereka terlihat salah di mata wanita.

Namun mood yang tidak stabil ini bukan semata-mata karena kondisi biologis wanita. Pria ternyata juga ikut andil membuat emosi wanita meledak dan cepat marah. Sebuah studi menunjukkan bahwa gejala PMS lebih parah dialami wanita yang sedang menjalin hubungan asmara ketimbang wanita yang single.

Profesor Jane Ussher telah menginvestigasi bagaimana pria merespon PMS pada wanita, seperti apa reaksi pria ketika kekasihnya stres dan bagaimana respon tersebut memberi dampak pada wanita itu sendiri. "Seberapa besar sebenarnya masalah percintaan bisa menyebabkan atau menambah stres pada wanita saat PMS," jelas Jane, pemimpin penelitian gender, budaya dan kesehatan di Univresity of Western Sydney, seperti dikutip dari ABC Australia.

Jane mengungkapkan ketika wanita diminta mendeskripsikan gejala PMS yang dialaminya, wanita justru lebih banyak mengungkapkan masalah dalam hubungan asmara mereka. "Jadi yang kami temukan bukan laporan tentang gejala PMS tapi berbagai masalah yang ada pada pasangan mereka," ujarnya.

Menariknya, rata-rata kekesalan para wanita memuncak akibat perkataan yang bagi pria mungkin hanya dianggap hal sepele. Ketika berdebat dengan pasangan dan melihat emosi wanita di depannya tidak seperti biasanya, umumnya pria akan langsung mengambil kesimpulan dengan berkata, 'oh, kamu lagi PMS ya?' Perkataan itulah yang ternyata justru memicu amarah wanita saat menjelang haid.

Dr Sue Reddish, direktur medis di Jean Hailes Medical Centre for Women mengatakan, pria seharusnya perlu edukasi yang lebih baik mengenai sistem reproduksi wanita. Lebih dini memahaminya maka akan semakin baik.

"Pria muda sepertinya sudah tahu tentang PMS namun mereka menganggap itu hanya lelucon. Mereka punya pacar dan mood-nya sedang buruk karena PMS. Tapi mereka tidak tahu betapa tidak mengenakkannya itu," tutur Dr Sue.

Jadi disarankan para pria sebaiknya belajar bagaimana memahami dan menghadapi wanita saat mereka PMS, sehingga terhindar dari masalah percintaan akibat masalah bulanan ini. Untuk pria, berikut ini cara menghadapi wanita yang sedang dalam masa PMS:

1. Tahu Periode Haid
Ketahui waktu-waktu kekasih menjelang haid. Sebaiknya Anda para pria mencatatnya di kalender ponsel. Untuk mempermudah, coba download beberapa aplikasi ponsel untuk mengetahui hari-hari wanita menjelang menstruasi. Dengan begini, Anda bisa mempersiapkan diri ketika si wanita mulai moody.

2. Hindari Pembahasan yang Sensitif
Jangan memancing emosinya dengan membahas topik sensitif, misalnya tentang mantan kekasih atau hal-hal lain. Wanita akan mudah marah dan menangis. Selain itu, sebaiknya jaga perkataan Anda dengan tidak membentak atau menyinggungnya.

3. Lebih Perhatian
Jadilah pria yang lebih perhatian ketika kekasih Anda dalam masa PMS. Menjakan dia dan limpahi dia dengan kasih sayang, cara tersebut akan menenangkannya.

(hst/aln)