ADVERTISEMENT

Daftar 5 Brand Lokal Terdampak Kebakaran Gudang JNE, Pengiriman Dibatalkan

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 12 Sep 2022 18:40 WIB
Elhaus, Brand Lokal Terdampak Kebakaran JNE Depok Brand lokal terdampak kebakaran gudang JNE, Depok. Foto: (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gudang JNE di Jalan Pekapuran, Curug, Cimanggis, Depok terbakar hebat. Sederet brand fashion dan kosmetik lokal ikut terdampak kebakaran tersebut. Berikut daftarnya.

Kebakarang gudang JNE di Depok terjadi pada Senin, 12 September 2022. Gudang penyimpanan paket JNE tersebut berlokasi di wilayah Pekapuran, Depok. Selain menjadi gudang paket, rupanya tempat tersebut juga menjadi warehouse sejumlah brand.

Kebakaran gudang JNE di Pekapuran, Depok sudah dipastikan tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, hampir seluruh bagian gedung JNE tersebut terbakar api.

Akibat kebakaran tersebut sejumlah brand lokal terkena dampaknya. Ada yang seluruh produknya habis terbakar, rugi puluhan miliar, hingga harus membatalkan pesanan.

Berikut daftar brand yang terkena dampak kebakaran gudang JNE, Depok:

Eiger sampaikan 200 ribu produknya terbakar di gudang JNE CimanggisEiger sampaikan 200 ribu produknya terbakar di gudang JNE Cimanggis Foto: (Instagram @eigeradventure)

1. Eiger

Seperti dikutip DetikTravel, GM ECommerce Eiger Adventure, Jason Wuysang, menyebut bahwa Eiger mengalami kerugian yang besar, mencapai puluhan miliar rupiah terkait dampak kebakaran gudang JNE di Depok. Eiger pun belum bisa melakukan layanan di beberapa platform online.

"Secara perkiraan, total kerugian materi yang Eiger alami mencapai 50 miliar rupiah," kata Jason.

"Namun, kerugian yang lebih besar bagi kami adalah untuk saat ini kami belum bisa melanjutkan pesanan Eigerian setidaknya sampai kurang lebih 7 hari ke depan, khususnya yang memesan melalui platform Shopee," ujar Jason lagi.

2. Rose All Day

[Gambas:Instagram]



Melalui Instagram dan Twitter, brand kosmetik lokal Rose All Day mengumumkan bahwa mereka terkena dampak kebakaran gudang JNE di Depok. Menurut pihak Rose All Day, warehouse mereka ikut mengalami kebakaran sehingga seluruh produk habis terbakar.

"Warehouse RADC mengalami kebakaran dan semua stok barang habis terbakar. Dengan berat hati kami harus menutup sementara penjualan di toko online RADC (website dan marketplace). Untuk sementara, Rosé Fam masih bisa berbelanja di Sociolla (online dan offline) serta Sephora offline store. Pesanan yang tidak berhasil di-proses akan di-refund 100%. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya yaa, Rosé Fam 🙏🏻," tulis Rose All Day dalam unggahan di Instagram.

3. Elhaus

Elhaus, Brand Lokal Terdampak Kebakaran JNE DepokElhaus, Brand Lokal Terdampak Kebakaran JNE Depok Foto: Dok. Instagram

Brand busana lokal Elhaus juga menyampaikan kabar duka di unggahan Instagram mereka. Elhaus yang dikenal sebagai brand fashion pria menyampaikan warehouse mereka terbakar.

"Today, our warehouse has just been struck in a fire incident. To continue serving the best products and service to you, we are going to hold all on going orders from today until further notice," tulis Elhause di Instagram pada Senin (12/9/2022).

Dalam keterangannya, pihak Elhause menyampaikan mereka akan menghentikan sementara semua pemesanan sampai pengumuman lebih lanjut. Bagi pembeli yang telah melakukan pemesanan dan barangnya belum dikirim akan dihubungi dalam waktu 24 jam.

4. Pyopp Barefoot Footwear

Pyopp, brand lokal terdampak kebakaran JNE, DepokPyopp, brand lokal terdampak kebakaran JNE, Depok Foto: Dok. Instagram

Brand alas kaki lokal, Pyopp memohon maaf kepada para konsumennya sebab mereka harus tutup sementara waktu. Penutupan toko ini terjadi karena gudang penyimpanan sepatu Pyopp semuanya habis terbakar.

"Dan semua barang yang sudah ready untuk dijual pun habis tak tersisa. Sampai detik ini masih dilakukan penyidikan apa penyebab dari kebakaran tersebut," tulis Pyopp dalam unggahannya di Instagram.

Pihak Pyopp lebih lanjut menyampaikan bahwa barang penjualan Jumat hingga Sabtu sudah dikirimkan kepada konsumen. Namun barang yang dipesan Sabtu hingga Senin ini belum terkirim dan habis terbakar.

"Namun, musibah ini tidak akan mengubah apapun, kami akan tetap menjawab semua pertanyaan seputar apapun via DM, chat Shopee, Tokopedia, dan Whatsapp. Karena untuk @Pyopp, ada sebagian kecil stock yang disimpan di gudang terpisah. Dan stock sepatu barefoot @PyoppFledge pun masih diproduksi, jadi hopefully tidak ada delay," tulis brand sepatu lokal tersebut.

5. Taka Craft

[Gambas:Instagram]



Brand fashion lokal berikutnya yang ikut terdampak kebakaran di kawasan gudang JNE, Depok adalah Taka Craft. Brand dengan logo burung Elang ini menyampaikan warehouse mereka terbakar.

"Due to this unforeseen circumstances we will halt operations until further notice and all unfulfilled orders will be contacted immediately," tulis Taka Craft dalam unggahannya di Instagram.

Taka Craft menyampaikan operasional mereka akan dihentikan sementara. Dan konsumen yang pemesananya belum terkirim akan dihubungi segera oleh pihak Taka.

Selain lima brand lokal tersebut, ada satu retailer fashion yaitu Love and Flair yang juga ikut mengalami kebakaran. CEO Love and Flair, Emily menyampaikan dalam unggahannya di Instagram bahwa brandnya ikut terdampak kebakarang gudang JNE, Depok.

[Gambas:Instagram]




"There was a fire in the LOVEANDFLAIR warehouse around 5 AM this morning. We used third-party fulfillment service in JNE Warehouse in Depok and unfortunately, our goods stocked there (along with many other brands who stock there) are completely burned. Billions of stock worth gone in a few hours. The fire has been put out with no casualties. We will keep you updated until the situation is stable while the warehouse crew continues to investigate the source of the incident," tulis Emily dalam unggahannya di Instagram.



Simak Video "Clothing Brand Asal Bandung Ini Siap Melenggang ke Paris Fashion Week 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)