ADVERTISEMENT

2 Brand Kecantikan Lokal Ini Beberkan Cara Sukses Berjualan Online

Dea Duta Aulia - wolipop Senin, 15 Agu 2022 17:25 WIB
Tokopedia Cantik Fest Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia menghadirkan program Tokopedia Cantik Fest yang kerap diselenggarakan setiap bulan mulai dari tanggal 1 sampai 8. Acara tersebut merupakan wujud dari upaya Tokopedia untuk membantu pelaku UMKM agar bisa mengembangkan bisnis mereka.

"Sesuai dengan misi Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, Tokopedia selalu menyediakan panggung seluas-luasnya kepada pegiat usaha terutama UMKM, untuk turut menyediakan berbagai kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia," kata Category Development Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata dalam keterangan tertulis, Senin (15/8/2022).

UMKM yang turut berkontribusi dalam program kali ini yakni Duvaderm dan Guele. Kedua UMKM tersebut berbagi pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis secara digital.

Direktur Duvaderm Jeslin Hamdani mengatakan Duvaderm merupakan sebuah merek perawatan wajah lokal memproduksi berbagai produk inovatif berkualitas tinggi dengan bahan baku terbaik. UMKM yang didirikan pada 2019 ini mengkombinasikan bahan-bahan baku terbaik dengan kecanggihan komposisi kimia yang memaksimalkan khasiat sambil meredam efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk mengembangkan bisnis tersebut, Jeslin Hamdani menjelaskan pihaknya turut menghadirkan sejumlah inovasi dan kolaborasi dengan banyak pihak, salah satunya dengan Hans Danials.

"Duvaderm juga baru meluncurkan produk kolaborasi dengan Hans Danials, di mana produk ini diluncurkan secara eksklusif di Tokopedia Cantik Fest dan berhasil menjual 1000+ produk di minggu peluncuran," kata Jeslin.

Upayanya untuk mengembangkan bisnis tidak hanya sebatas itu saja. Ia mengatakan pihaknya melakukan adaptasi dengan teknologi dengan cara memanfaatkan layanan digital seperti Tokopedia.

"Kami sangat terbantu dengan adanya platform Tokopedia untuk membantu bisnis kami. Sebagai contoh pada saat exclusive launch Duvaderm x Hans Danials di Tokopedia Cantik Fest, kami tidak menjumpai masalah di sisi platform, alhasil para konsumen kami bisa berbelanja dengan nyaman," kata Jeslin.

Sementara itu, Co-Founder Guele Vanny Adelina memiliki cerita tersendiri. Ia mengatakan dirinya mendirikan usaha tersebut karena terinspirasi dari pekerjaan lamanya yakni make up artist. Dari situ lah, ia terinspirasi untuk membuat usaha make up lokal Guele.

"Cerita lainnya berasal dari brand makeup lokal Guele yang percaya bahwa alam semesta memiliki caranya sendiri untuk terkoneksi dengan manusia. Terinspirasi dari bumi, berbagai produk Guele menghadirkan nuansa earth tone agar selalu melihat lebih dalam ke alam dan keindahan yang diciptakan untuk penggunanya," kata Vanny.

Sama seperti Dauvaderm, Vanny mengatakan upaya Guele untuk mengembangkan bisnis juga tidak terlepas dari memanfaatkan platform digital Tokopedia. Menurutnya, kehadiran Tokopedia membantu usahanya untuk menjangkau pelanggan dari berbagai daerah.

"Menurut aku e-commerce juga berperan besar untuk perkembangan Guele selama ini. Beberapa hal yang sudah tim lakukan seperti promosi di Tokopedia, kemudian exclusive launch dan lain lain itu sangat berpengaruh untuk bisnis kami. Guele melihat Tokopedia sebagai platform yang baik dalam mewadahi brand-brand baru seperti kami," tutupnya.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)