Meisya Siregar Tertipu Saat Beli Tas Branded, Ini Tipsnya untuk Calon Pembeli

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 19 Jan 2022 19:30 WIB
Meisya Siregar Meisya Siregar Beri Tips untuk Calon Pembeli Tas Branded di Instagram. Foto: Instagram @meisya__siregar
Jakarta -

Meisya Siregar baru saja tertipu sebuah akun Instagram yang mengaku menjual barang branded. Berniat membeli sebuah tas incarannya ternyata seller tersebut tidak mengirimkan barang setelah uang dibayarkan. Meisya telah melaporkan akun dan nomor rekening penipu itu ke bank dan kepolisian. Agar tidak semakin banyak korban, ia pun membagikan saran dan pesan untuk calon pembeli barang branded di Instagram.

Meisya Siregar mengaku berniat membeli tas Saint Laurent 'Loulou' dari @sand_branded.luxury setelah melihat akunnya diiklankan di Instagram Ads. Tidak ada yang mencurigakan, seller tersebut cukup responsif dan memberi bukti barang dengan baik. Harga yang diberikan pun tidak murah sehingga Meisya tidak menaruh kecurigaan. Tapi setelah transaksi dilakukan, Meisya tidak menerima barang yang dikatakan sudah dikirimkan.

Ia mengaku memang baru pertama kali membeli di akun yang bukan langganannya dan kurang teliti sebelum melakukan transaksi. Karena itu, aktris dan presenter tersebut ingin membagikan pengalaman agar tidak ada lagi korban. Meisya meminta agar calon pembeli tetap berhati-hati meski akun atau brand itu memasang iklan di Instagram Ads.

"Jangan kita bertransaksi di IG karena tergiur barang yang gencar diiklankan di ads karena konotasinya di otak kita pasti bisa dipertanggungjawabkan tapi aku lalai nggak ngecek lebih lanjut lagi," ucapnya ketika diwawancara Wolipop pada Rabu, (19/1/2022).

Saat beli barang mewah, Meisya Siregar mengingatkan pentingnya untuk mengecek dua sampai tiga kali demi memastikan penjualnya benar-benar terpercaya. Setelah penipuan yang menimpanya, ia mendapat banyak informasi dari netizen dan teman-temannya untuk menghindari kejadian serupa. Ibu tiga anak itu pun mengungkap beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penipuan tas branded dari Instagram:

1. Cari Tahu Lewat Username

Peringatan Meisya Siregar yang Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di InstagramPeringatan Meisya Siregar yang Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di Instagram Foto: Instagram @meisya__siregar

Beberapa akun Instagram mengubah-ubah nama akun agar tidak ketahuan pernah melakukan penipuan. Kamu bisa mengeceknya dengan fitur 'About This Account'. Kamu bisa mencarinya di titik tiga bagian kanan sebuah postingan. "Dari situ kelihatan dia sudah berapa kali ganti nama akun. Kalau namanya berubah-ubah itu patut dicurigai karena mungkin dia mau ganti nama tokonya biar nggak ketahuan sebelumnya pernah nipu," ujar Meisya.

2. Cek Nomor Rekening

Peringatan Meisya Siregar yang Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di InstagramPeringatan Meisya Siregar yang Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di Instagram Foto: Instagram @meisya__siregar

Pastikan bahwa penjual atau nomor rekening yang digunakan tidak pernah menipu sebelumnya. Itu bisa dilihat di situs-situs seperti Cekrekening, Kredibel, Laporku, Kominfo, dan lain-lain.

"Selain itu kalau terjadi penipuan langsung bawa dokumen-dokumen lengkap untuk laporan ke kepolisian, seperti buku tabungan, ATM, dan kronologis nanti mereka akan memproses pemblokiran dan pembekuan rekening. Kalau rejeki, kalau di rekening itu masih ada dananya dan belum dikuras oleh si penipu, uangnya bisa dikembalikan," jelas Meisya Siregar.

(ami/ami)