Tips Agar Tidak Ditipu-tipu Saat Beli Tas Branded Bekas

Alissa Safiera - wolipop Kamis, 30 Agu 2018 16:30 WIB
Foto: Dok. Instagram Foto: Dok. Instagram

Jakarta - Menikmati tas rancangan desainer tak harus selalu memiliki yang baru. Sekarang banyak juga yang menjual tas desainer perloved dengan harga yang jauh lebih murah, namun kualitasnya masih sangat bagus.

Namun memang, membeli barang preloved ini tak semudah kelihatannya. Mengingat harga tas desainer yang bisa mencapai ratusan juta Rupiah, tentu ketika membelinya pun harus super hati-hati.

Renitasari Adrian, seorang influencer mode bercerita pernah ditipu ratusan juta Rupiah karena membeli tas branded yang ternyata palsu.

"Dulu pernah ada kejadian saya menjadi korban. Dulu dia trusted seller dan ternyata dia jual campur sama yang KW. Saat saya terima barang dari dia saya, simpan saja. Pas ada masalah itu, teman saya cek ternyata ada dua yang KW," ungkapnya.
Tips Agar Tidak Ditipu-tipu Saat Beli Tas Branded BekasIrresistible Bazaar di Gandaria City. Foto: Alissa Safera/Wolipop

Marisa Tumbuan, founder dari Irresistible Bazaar, wadah penjualan barang branded preloved menuturkan agar selalu cari informasi sebelum membeli. Apalagi jika tas tersebut adalah tahun lama.

"Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum bisa mendeklarasikan yang asli sama yang palsu. Satu jenis tas tapi beda tahun pun bisa beda detailnya," kata Marisa.

Marisa mencontohkan tas Celine nano luggage. Tas Celine nano luggage yang diproduksi tahun 2012 memiliki detail ulir tiga buah, sementara yang di atas 2012 hanya memiliki dua ulir. "Beda, tapi bukan berarti palsu," tegasnya.
Tips Agar Tidak Ditipu-tipu Saat Beli Tas Branded BekasIrresistible Bazaar di Gandaria City. Foto: Alissa Safera/Wolipop

Ketika ingin membeli barang branded perlu dilihat seksama detail tasnya. Tiap merek memiliki detail yang berbeda. Untuk itu Marisa menyarankan untuk mencari informasi di internet sebelum membeli.

Secara umum, mengetahui keaslian tas bisa dilihat dari kualitas kulit, jahitan dan juga logo. Jangan ragu untuk minta nomor seri atau bukti pembelian tas kepada penjual.

Seperti dikutip dari Purseblog, ada baiknya pula mengetahui harga asli tas ketika membeli baru, serta kisaran harganya saat dijual kembali. Jangan sampai Anda membelinya dengan harga yang terlalu mahal atau tidak jauh berbeda dengan harga barunya.

Selain itu, sebaiknya beli di seller yang sudah memiliki reputasi baik. "Harus tahu resellernya. Cari rekomendasi dari teman yang orang-orang tahu itu jelas," tambah Renitasari.
(asf/asf)