Meisya Siregar Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di Instagram, Ini Pelakunya

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 19 Jan 2022 13:30 WIB
Meisya Siregar Meisya Siregar kena tipu saat mau beli tas branded di Instagram. Foto: Instagram @meisya__siregar
Jakarta -

Meisya Siregar mengungkap kasus penipuan barang branded yang baru saja menimpanya. Dalam sejumlah unggahan di akun Instagram, artis tersebut membeberkan bahwa akun @sand_branded.luxury tidak mengirim barang yang telah dipesannya setelah melakukan transaksi. Meisya tidak menduga seller tersebut akan menipu karena responnya tampak terpercaya apalagi akunnya sering muncul di Instagram Ads.

Kepada Wolipop, Meisya mengungkap kronologis penipuan tas branded yang terjadi beberapa waktu lalu. Wanita yang dikenal sebagai aktris dan presenter itu baru-baru ini berniat membeli tas baru untuk menggantikan tasnya yang lama. Ia pun mencari ke sejumlah seller yang dikenal tapi tidak menemukan model yang diinginkan. Ketika itu akun @sand_branded.luxury muncul dalam iklan di Instagram dan terlihat menjual barang incarannya.

[Gambas:Instagram]



"Pas mau ganti tas lama, akuu nyari-nyari tas yang aku pengen cari ke beberapa seller yang aku kenal tapi nggak ada barang yang aku pengen. Sampai akhirnya ini akun penipu nongol mulu di Instagram Ads berkali-kali keluar terus di explore dan feed sampai akhirnya aku DM dan Whatsapp dibales cepat. Semuanya meyakinkan sekali benar-benar seperti seller-seller trusted yang aku kenal jadi nggak ada kecurigaan sama sekali," ujarnya dalam wawancara dengan Wolipop pada Rabu, (19/1/2022).

Dalam deskripsinya, akun itu mengaku menjual tas-tas branded dalam kondisi baru maupun 'preloved' dan dijamin autentik. Meisya Siregar pun berniat membeli tas Saint Laurent 'Loulou'. Barang tersebut dikatakan 'preloved' atau bekas tapi belum pernah dipakai dan berdasarkan bukti yang diberikan tampak masih mulus.

Meisya Siregar  Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di InstagramMeisya Siregar mengingatkan netizen untuk berhati-hati membeli barang secara daring (online) Foto: tangkapan layar Instagram @meisya_siregar

Dari segi harga, istri Beibi Romeo itu tidak juga menaruh kecurigaan karena seller menjualnya tidak murah. Barang tersebut hanya lebih murah Rp 500 ribu dari harga pasaran. Karena itemnya bisa dibilang langka, Meisya pun memakluminya.

Dikatakan jika kasus ini adalah pengalaman pertamanya tertipu saat beli barang branded. Sebelumnya Meisya selalu membeli di seller-seller yang sudah langganan dan terpercaya. Tapi kebetulan mereka tidak menjual tas yang sedang dicarinya.

Meisya Siregar  Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di InstagramPercakapan via WA antara Meisya Siregar dan Sand Branded yang telah menipunya. (Foto: tangkapan layar Instagram @meisya_siregar)

Di Instagram, Meisya telah meminta bantuan netizen untuk melaporkan akun penipu barang branded tersebut. Tapi hingga kini @sand_branded.luxury masih aktif dan bisa diakses meski kolom komentarnya dinonaktifkan. Ia pun telah melaporkan nomor rekening akun itu ke bank hingga kepolisian.

"Yang paling penting pelajarannya, penipuan ini bisa terjadi karena kelalaian, ketidaktelitian, ketidaksabaran, karena kita nggak double atau triple re-check. Pelajarannya sangat mahal tapi banyak banget netizen dan teman-teman aku yang kasih ilmu bahwa jangan kita bertransaksi di IG karena tergiur barang yang gencar diiklankan di ads karena konotasinya di otak kita pasti bisa dipertanggungjawabkan tapi aku lalai nggak ngecek lebih lanjut lagi," kata Meisya Siregar.

Meisya Siregar  Kena Tipu Saat Beli Tas Branded di InstagramMeisya Siregar memperlihatkan bukti tas bermerek yang diberikan Sand Branded (Foto: tangkapan layar Instagram @meisya_siregar

(ami/ami)