Berlian Hitam yang Jatuh dari Luar Angkasa Dijual, Diprediksi Laku Rp 97 M

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 18 Jan 2022 09:30 WIB
Jakarta -

Berlian hitam dengan usia miliaran tahun ini diklaim jatuh dari luar angkasa. Kini, berlian yang dijuluki 'The Enigma' itu akan dilelang. Barang langka tersebut diprediksi akan laku Rp 97 miliar.

Menurut ahli, batu permata itu terbentuk dari dampak meteorit ke bumi, ditempa dari ledakan atau berasal dari asteroid itu sendiri. Berlian hitam tersebut pun menjadi pemecah rekor sebagai ratu permata terberat dengan nilai 555,55 karat.

Berlina The Enigma itu akan dilelang di perusahaan lelang perhiasan Sotheby di London. Diperkirakan akan menyentuh angka US$ 6,8 juta atau sekitar Rp 97 miliar.

Berlian tersebut pun pertama kali terdaftar di Guinness World Records pada tahun 2006 sebagai berlian terbesar. Institut Gemologi Amerika juga menyatakan bahwa batu permata tersebut adalah yang diketahui sebagai yang terbesar.

Tahun 2022 ini, berlian hitam tersebut dipamerkan untuk pertama kalinya di depan publik. Pertama kali akan diperlihatkan di Dubai Diamond Exchange, kemudian di Los Angeles, dan mendarat di rumah lelang di London pada Februari.

Sesuai dengan tema numeriknya, permata 555,55 karat itu juga dipotong dengan 55 segi. Menurut spesialis perhiasan Sotheby, ada teman 'lima' dalam berlian tersebut.

"Bentuk berlian didasarkan pada simbol telapak tangan Timur Tengah Khamsa, yang berarti kekuatan dan ... perlindungan," Sophie Stevens, spesialis perhiasan di Sotheby's Dubai, mengatakan kepada Associated Press.

Sophie menerangkan bahwa khamsa dalam bahasa Arab berarti lima, jadi ada tema dari nomor lima yang mengalir di seluruh berlian.

(kik/kik)