6 Urutan Skincare Antiaging dan Rekomendasi Produknya

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 06 Okt 2021 15:48 WIB
Ilustrasi wanita pakai skincare atau perawatan kulit Foto: Getty Images/iStockphoto/yacobchuk
Jakarta -

Menjelang akhir usia 20-an atau awal 30-an, sudah saatnya wanita memberikan perhatian khusus pada kulitnya. Karena penuaan dini di kulit wajah nyata adanya. Untuk itu penggunaan skincare yang lebih 'religius' dibutuhkan sebagai perawatan antiaging. Yuk, ketahui urutan skincare antiaging.

Penuaan dini bisa terjadi dari banyak faktor. Umumnya dari matahari, polusi, gaya hidup seperti merokok dan kurang tidur sudah terbukti dapat menurunkan elastisitas kulit. Kini masalah aging juga datang dari faktor layar di gadget yang mengeluarkan blue light yang bisa memicu kerutan di wajah.

Tanda-tanda penuaan dini bisa diatasi dan dicegah dengan tujuh urutan skincare yang tepat seperti di bawah ini:

1 Cleansing Oil

Cleansing oil menjadi tahap pertama pembersihan wajah sebelum membersihkan wajah dengan facial foam. Cleansing oil berfungsi untuk membersihkan sisa makeup, terutama produk riasan waterproof, dan kotoran debu. Salah satu rekomendasi pembersih berbahan dasar minyak alami adalah Mamonde Micro Deep Cleansing Oil. Mengandung teratai yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Mamonde Micro Deep Cleansing Oil seharga Rp 270 ribu.

2 Facial Foam

Tahap kedua dari pembersihan adalah dengan menggunakan facial wash yang tepat. Semakin bertambahnya usia, kondisi kulit biasanya semakin kering karena produksi kolagen berkurang. Untuk itu, hindari menggunakan facial wash berbahan terlalu keras yang memicu kulit jadi kering. Salah satu facial wash yang ringan adalah Clean Start Hydrating Jelly Cleanser dari Gentle Hour. Kandungan anti-polutannya pun mampu membersihkan wajah dengan maksimal, serta memiliki pH- seimbang. Clean Start Hydrating Jelly Cleanser seharga Rp 180 ribu.

3 Toner

Memakai toner menjadi tahapan yang tidak kalah penting dari urutan skincare antiaging. Toner dapat mengembalikan pH di wajah setelah terpapar setelah membasuh kulit wajah dengan air dan facial wash. Toner ada dua jenis, hydrating toner dan exfoliating toner. Hydrating toner dapat menambah kelembapan yang sering terjadi setelah membersihkan muka. Sementara exfoliating toner bisa bekerja untuk mengangkat sel kulit mati, namun tidak direkomendasikan dipakai setiap hari. Pemakaian exfoliating toner disarankan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Rekomendasi hydrating toner adalah Pyunkang Yul Essence Toner Essence toner ini mengandung 91,3% ekstrak akar Milk Vetch yang diklaim dapat meningkatkan elastisitas sekaligus memberi sensasi kulit kenyal. Dikatakan jika kosmetik tersebut punya kandungan minimalis yang justru akan menghindarkan kulit dari masalah.

Untuk exfoliating toner pilihannya jatuh pada Cosrx AHA/BHA Vitamin C Daily Toner. Toner ini diformulasikan menggunakan 16 bahan esensial yang termasuk di dalamnya adalah AHA dari ekstrak Apel (0.105%), BHA dari Willow Bark Water (0.03%), Vitamin C dari ekstrak buah naga dan kiwi (0.02%), serta Niacinamide (2%) yang telah dipatenkan oleh Cosrx sebagai the Golden RX Complex. Cosrx AHA/BHA Vitamin C Daily Toner seharga Rp 200 ribuan.

4 Antiaging Serum

Setelah penggunaan serum, urutan skincare dilanjutkan pada menggunakan antiaging serum. Salah satu pilihan produk antiaging serum adalah Somethinc Salmon DNA + Marine Collagen Elixir yang mengandung 62% Deep Sea Water, DNA Salmon, Pseudoalteromonas Ferment Extract, Hydrolyzed Marine Collagen, & Pearl ini. Fungsinya untuk meningkatkan elastisitas kulit, memperbaiki teksturnya, dan meningkatkan produksi kolagen. Serum ini seharga Rp 155 ribu.

5 Eye Cream

Salah satu tanda penuaan yang lebih cepat terlihat adalah di bagian mata karena kulit bagian tersebut lebih tipis. Penggunaan eye cream menjadi perawatan kulit di sekitar mata untuk memperlambat munculnya kerutan halus. Salah satu pilihan eye cream adalah Votre Peau Polypeptide Eye Gel Cream with Edelweiss Culture Extract. Produk yang hadir dengan ekstrak tumbuhan edelweiss ini dikatakan bisa mengurangi masalah-masalah di area mata, seperti sembab hingga kendur. Item seharga Rp 165 ribuan tersebut juga diklaim dapat mencerahkan bagian yang gelap dengan teknologi polypeptide.

6 Moisturizer

Urutan skincare antiaging ditutup dengan penggunaan moisturizer. Salah satu moisturizer ringan yang bekerja untuk melawan kulit aging adalah Perfect Renew Youth Emulsion dari Laneige. Emulsion merupakan moisturizer ringan yang cocok digunakan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi. Meski Perfect Renew Youth Emulsion ringan secara tekstur, namun efektif sebagai produk antiaging. Gabungan Energy-glyco, Tri-Peptide dan Berry Complex diklaim bisa bekerja untuk meregenerasi kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit lebih 'supple' dan kencang. Perfect Renew Youth Emulsion dari Laneige seharga Rp 610 ribu.



Simak Video "Yang Harus Diperhatikan dari Beauty Hacks pada Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)