9 Urutan Skincare Malam yang Tepat Agar Wajah Glowing

Lukita Wardhani - wolipop Kamis, 26 Agu 2021 11:00 WIB
Skincare Urutan skincare malam. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memakai skincare pagi dan malam menjadi andalan wanita untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan glowing. Bagaimana urutan skincare malam yang tepat?

Wanita terkadang membutuhkan lebih banyak produk dan perawatan untuk mendapatkan wajah yang diinginkan. Namun produk yang terlalu banyak kerap membuat bingung seperti bagaimana urutan penggunaan skincare yang benar, khususnya di malam hari. Malam hari termasuk waktu penting untuk menggunakan skincare agar produk bekerja dengan maksimal.

Berikut urutan skincare malam yang tepat agar kulit wajah glowing:

1. Pembersih Wajah

Young Asian Woman Washing Her FaceUrutan skincare malam, membersihkan wajah. Foto: iStock

Demi menjaga wajah bebas dari masalah kulit, langkah pertama dari urutan skincare malam adalah menghapus riasan wajah dengan bersih dan cuci muka menggunakan sabun cuci muka sebelum menggunakan produk skincare lainnya. Menurut dokter kulit Mona Gohara, MD yang juga seorang profesor klinis asosiasi di Yale School pf Medicine membersihkan wajah perlu dilakukan agar produk skincare yang digunakan dapat menyerap ke kulit wajah dengan baik karena dibutuhkan kulit yang bersih dari minyak dan kotoran.

2. Toner

Toner dulu dikenal sebagai cairan berbasis alkohol yang dapat membuat wajah iritasi dan perih. Tetapi toner yang kini digunakan sebagai bagian dari skincare adalah cairan yang terbuat dari bahan yang lembut dan menghidrasi untuk memanjakan kulit kering atau bahan pengelupasan kimia untuk mengobati jerawat.

Toner tidak dimaksudkan sebagai produk wajib yang harus ada dalam rangkaian skincare malam kamu. Ini hanya sebagai pilihan dan bisa kamu ganti dengan produk lainnya seperti esense. Lakukan sesuai dengan kondisi wajah kamu sekarang.

3. Serum

Eye zone care concept. Happy beautiful asian girl applying eye serum in front of mirror at homeUrutan skincare malam, memakai serum. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Sama seperti toner, serum bisa digunakan sebagai optional. Serum pada dasarnya adalah suntikan nutrisi, hidrator, dan antioksidan yang sangat terkonsentrasi untuk meningkatkan kesehatan kulit sehingga mendapatkan kondisi wajah yang diharapkan. Meskipun, sekali lagi, serum benar-benar opsional, produk skincare ini termasuk langkah awal yang baik dalam meningkatkan rutinitas perawatan kulit kamu.

Jika memasukkan serum ke dalam urutan memakai skincare malam, pilihlah serum yang diisi dengan asam hialuronat, yang menarik air dari udara ke dalam kulit untuk mengisinya dan membuatnya tetap terhidrasi saat kamu tidur. Menurut dokter kulit kosmetik di NYC Shereene Idriss, MD., jika menggunakan perawatan jerawat atau produk anti-penuaan, yang dapat mengeringkan dan mengiritasi, kamu bisa gunakan serum untuk mempersiapkan kulit terlebih dahulu agar lembab.

4. Krim Mata

Urutan skincare malam setelah serum adalah krim mata. Krim mata memiliki tekstur dan kandungan yang lebih ringan dan lebih tipis daripada pelembab wajah, jadi pastikan untuk mengoleskannya sebelum mengoleskan krim malam. Aturan praktis saat mengaplikasikan perawatan kulit adalah mengoleskan yang paling ringan terlebih dahulu dan yang terberat terakhir, karena produk yang lebih tipis tidak dapat menembus produk yang lebih tebal.

Namun, meskipun krim mata tampak seperti perawatan kulit utama dan akhir dari semua rangkaian, sejujurnya krim mata tidak diperlukan untuk semua orang. Kebanyakan orang berpikir krim mata harus mengandung semacam retinol untuk membantu mengatasi garis-garis halus, tetapi kenyataannya, area mata sangat sensitif dan berisiko mengalami ruam dan iritasi. Gunakan krim mata sederhana yang menghidrasi dan melindungi bagian bawah mata serta memperbaiki kulit terluar kamu dalam semalam.

5. Perawatan di Spot Tertentu

Idealnya, kamu menerapkan perawatan spot jika terdapat masalah di wajah seperti jerawat, bekas jerawat atau luka dan bintik hitam. Melakukan ini di malam hari sangat membantu menghilangkan permasalahan tersebut karena malam hari adalah waktu kulit bekerja paling keras untuk memperbaiki dirinya sendiri. Tetapi jika kamu sudah menggunakan toner penangkal jerawat dan/atau berencana untuk mengoleskan retinol, cobalah perawatan di pagi hari agar kulit tidak iritasi.

6. Moisturizer

Urutan skincare malam selanjutnya adalah memakai pelembab atau moisturizer. Moisturizer wajib digunakan di mlam hari karena itulah satu-satunya hal yang akan menjaga garda terdepan kulit. Selain itu, menurut dr. Idriss pelembab tidak hanya membuat kulit terhidrasi tetapi juga membantu menahan semua produk di bawahnya agar bahan-bahannya lebih efektif.

Muslim woman spreading cream over her face while looking in the mirror. Beauty treatment. Female putting on moisturizer on her facial. Muslim woman applying cream to face and looking to mirrorUrutan skincare malam, memakai moisturizer. Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991

Sedangkan menurut dr. Gohara, moisturizer merupakan mode perbaikan di malam hari yang bekerja ekstra keras untuk memperbaiki kerusakan dan mengingkatkan regenerasi kulit. Jadi pelembab malam kamu sebaiknya mengandung dengan semua hal yang bermanfaat untuk kulit, seperti asam hialuronat, lipid, dan protein. Kamu juga dapat menggunakan retinol atau menggunakan krim malam anti-penuaan, yang memiliki dosis retinoid yang 'diencerkan' sehingga cenderung lebih lembut, terutama pada kulit sensitif.

7. Retinol

Dokter Gohara menjelaskan retinoid atau istilah umum untuk semua turunan vitamin A, termasuk retinol bisa meresap ke dalam kulit untuk mempercepat pergantian sel, menghasilkan kulit yang lebih segar, lebih halus, dan lebih sedikit keriput dari waktu ke waktu. Retinoid membutuhkan waktu empat hingga enam bulan penggunaan yang konsisten untuk memberi hasil maksimal di wajah.

Lebih lanjut dia menjelaskan retinoid memicu produksi kolagen dan pengelupasan sel, yang berarti juga akan memudarkan bintik hitam, bekas luka halus, pori-por, mencegah jerawat, dan mencerahkan kulit.

8. Face Oil

Dokter Idriss menjelaskan bahwa face oil bersifat oklusif, artinya mereka menyegel semua bahan dan kelembapan dari produk skincare yang baru saja kamu pakai ke wajah agar tidak cepat menguap. Minyak sebenarnya tidak melembabkan kulit kamu dengan baik, tetapi ketika melapisinya di atas produk, face oil membantu meningkatkan kemanjuran dari produk yang kamu pakai serta membuat kulit lembut dan halus.

Face oil tertentu, seperti rose-hip dan jojoba, dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit yang mudah berjerawat. Sementara face oil marula dan aloe dapat menenangkan kulit yang sensitif dan mudah teriritasi.

9. Krim Malam atau Masker

Krim malam adalah langkah terakhir yang benar-benar opsional, tetapi bisa bermanfaat. Sedangkan sleeping mask atau masker tidur mampu mengunci semua produk skincare kamu yang lain dan mengandung bahan pelembab yang cukup ringan.

Itulah tadi sembilan urutan skincare malam yang bisa membuat wajah glowing. Tapi perlu diingat setiap orang mempunyai kondisi kulit wajah yang berbeda sehingga urutan tersebut bukan menjadi satu pakem wajib yang harus dilaksanakan. Konsultasikan ke dokter jika ada masalah dalam melakukan langkah tersebut.



Simak Video "Yang Harus Diperhatikan dari Beauty Hacks pada Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)