7 Brand Lokal yang Jual Kapas Kain Cuci Ulang, Bisa Dipakai Berkali-kali

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 14 Jun 2021 15:46 WIB
kapas ramah lingkungan Foto: iStock
Jakarta -

Pemakaian skincare secara rutin memang bisa bikin wajah bersih dan glowing. Namun belakangan semakin banyak perbincangan soal membuat rutinitas ini lebih ramah lingkungan dengan tidak membuang banyak bahan terutama yang sulit didaur ulang. Kamu yang ingin berpartisipasi menyelamatkan bumi bisa memulainya dengan mengurangi penggunaan kapas. Berbagai brand menyediakan pengganti kapas reusable yang bisa dicuci, berikut tujuh opsinya:

1. Evening Zero Waste Cotton Pads

kapas ramah lingkungankapas ramah lingkungan Foto: Dok. Brand

Kapas biasanya digunakan untuk membersihkan wajah di malam hari setelah seharian beraktivitas. Karena itu, brand Evening menawarkan kapas yang ramah lingkungan karena bisa pakai dan dicuci ulang. Produk reusable yang bisa jadikan pengganti kapas untuk memakai pembersih wajah sekaligus mengeksfoliasi kulit ini dijual Rp 62 ribu.

2. Small Elephant Reuseable Cotton Pad

kapas ramah lingkungankapas ramah lingkungan Foto: Dok. Brand

Mencari pengganti kapas untuk toner dengan warna pastel yang manis? Kamu bisa mendapatkannya dari brand lokal Small Elephant. Merek berikut menawarkan kapas yang bisa dicuci dengan harga Rp 69 ribu untuk 10 potongnya. Kapas reusable untuk wajah itu dikatakan bisa dicuci setelah delapan kali pakai ulang. Satu sisinya dihadirkan berbahan kain katun dan sisi lain bermaterial wool untuk disesuaikan dengan penggunaan.

3. Demi Bumi Reusable Cotton Pads

kapas ramah lingkungankapas ramah lingkungan Foto: Dok. Brand

Brand Demi Bumi yang menyediakan berbagai produk ramah lingkungan juga menyediakan kapas kain cuci ulang. Merek ini menginformasikan bahwa penggunaan pestisida pada penanaman pohon kapas hingga pemakaian 20 ribu liter air untuk membuat sekilo kapas dapat mencemari ekosistem lingkungan. Karena itu brand tersebut menyarankan pemakaian kapas reusable seharga Rp 50 ribu ini.

4. Be Organik Cotton Pads

kapas ramah lingkungankapas ramah lingkungan Foto: Dok. Brand

Brand lain yang juga menawarkan opsi pengganti kapas untuk micellar water atau milk cleanser adalah Be Organik. Berbeda dengan opsi lainnya, produk berikut hadir dengan bentuk bulat yang lebih lebar dan tipis. Item itu juga hadir dengan tekstur yang membuatnya bisa lebih mudah menghapus kotoran, debut, dan makeup di wajah. Item ini dijual Rp 15 ribu untuk satu potongnya.

5. Sudi Organic Reusable Pad

kapas ramah lingkungankapas ramah lingkungan Foto: Dok. Brand

Pengganti kapas dari Sudi Organis ini punya tampilan baru karena kini hadir dengan motif-motif yang membuatnya terlihat cantik. Satu set kapas reusable dari merek berikut hadir dengan enam potong yang bisa secara bergantian digunakan untuk menghapus makeup dan kotoran di wajah. Kamu bisa memiliki dengan harga Rp 38 ribuan.

6. SOUL for Earth Reusable Cotton Pads

kapas ramah lingkungankapas ramah lingkungan Foto: Dok. Brand

Produk dari SOUL for Earth berikut kini hadir dengan versi baru yang dikatakan lebih optimal menyerap cairan. Hal tersebut karena material dua lapisan bamboo velvet yang terbuat dari serat bambu lembut yang juga breatable. Item seharga Rp 22 ribuan itu dapat digunakan kurang lebih 1000 kali. Brand ini juga menyediakan opsinya khusus untuk kulit sensitif.

7. Jacquelle Magic Wash

kapas ramah lingkungankapas ramah lingkungan Foto: Dok. Brand

Brnand ini mungkin tidak datang dari brand yang mengaku mengusung konsep eco-friendly. Namun produk seharga Rp 49 ribu tersebut dapat membersihkan makeup tanpa kapas atau tisu tersebut bisa mengurangi sampah. Hanya dengan menggunakan air, gunakan bagian yang putih untuk menghapus makeup sebagai kapas reusable. Lalu gunakan bagian berwarna pink untuk mencuci wajah dengan sabun.

(ami/ami)