Hemat dan Ramah Lingkungan, Ini Rekomendasi 7 Pembalut Kain dari Brand Lokal

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 17 Mei 2021 16:00 WIB
pembalut kain Foto: dok. Soul
Jakarta -

Pembalut menjadi produk wajib beli para wanita setiap bulannya. Tak jarang hal ini bisa jadi merepotkan, membebani keuangan, dan kurang ramah lingkungan apalagi kadang bukan hanya satu bungkus yang dibutuhkan. Jika kamu juga merasa demikian, sebenarnya tak perlu membeli pembalut baru setiap kali menstruasi. Berbagai brand lokal menghadirkan pilihan pembalut kain yang dapat dicuci dan dipakai lagi. Ini tujuh brandnya yang jadi rekomendasi.

1. Soul

pembalut kainpembalut kain Foto: dok. Brand

Pemakaian pembalut setiap bulannya bisa menjadi limbah tidak ramah lingkungan. Karena itu, brand Soul menawarkan alternatif pembalut termasuk yang bahannya kain sehingga bisa dicuci dan dipakai ulang. Dikatakan jika kainnya berbahan polyester dan polyurethane laminate dengan bamboo terry sebagai lapisan di dalamnya. Pembalut yang diklaim bertekstur lembut dan punya daya serap tinggi ini hadir dengan empat ukuran untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Item berikut dijual Rp 20 ribuan sampai Rp 30 ribuan untuk satu itemnya.

2. Demi Bumi

pembalut kainpembalut kain Foto: dok. Brand

Brand ramah lingkungan lain yang menyediakan pembalut kain adalah Demi Bumi. Pembalut kain 'single' dari brand lokal ini hadir dengan dualapisan bahan katun dan dua lapisan bahan flanel baby. Uniknya brand ini menawarkan varian lain yang bisa diisi dengan kain tambahan atau refill untuk ditambahkan sesuai dengan kebutuhan. Pembalut kain Demi Bumi dijual Rp 35 ribu hingga Rp 140 ribuan.

3. Cluebebe

pembalut kainpembalut kain Foto: dok. Brand

Menspad atau menstrual pads dari brand Cluebebe juga patut dipertimbangkan. Merek lokal ini menawarkan berbagai varian clodi, termasuk pembalut kain. Kamu yang mencari pembalut kain untuk dipakai di malam hari bisa melirik opsi seharga Rp 35 ribuan ini. Menspad versi night hadir berbahan polyester yang dilaminasi dengan PUL waterproof sehingga tidak mudah bocor. Adapun material microfleece yang lembut dan stay dry sehingga kulit tetap lembab dan terhindar iritasi.

4. Biyung

pembalut kainpembalut kain Foto: dok. Brand

Pemakaian pembalut kain yang lebih ramah lingkungan belakangan juga dipromosikan oleh Biyung Indonesia. Usaha sosial tersebut menyediakan alternatif penggunaan bubur kertas yang biasa digunakan pembalut biasa. Menstrual pads dari Biyung sendiri hadir dengan tiga ukuran dan terlihat cantik dengan motif batiknya. Produk seharga Rp 115 ribuan ini pun dikatakan hanya perlu dicuci pakai sabun dan dijemur serta dicuci dengan air hangat secara berkala.

5. Sedarikini

pembalut kainpembalut kain Foto: dok. Brand

Sedangkan pembalut kain dari brand lokal Sedarikini diklaim ramah lingkungan karena bisa dipakai dalam jangka waktu dua hingga tiga tahun. Menspad ini terbuat dari bahan microfleece yang punya sifat stay dry sehingga kulit terhindar dari iritasi. Adapun outer-nya yang terbuat dari bahan hyget balon yang bersifat waterproof sehingga tidak mudah tembus. Hadir dengan tiga ukuran, item ini dijual Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu.

6. Yuspin

pembalut kainpembalut kain Foto: dok. Brand

Yuspin merupakan salah satu pelopor merek pembalut kain. Produk berikut diklaim mengandung antibacterial silver+ yang membuatnya aman digunakan berkali-kali. Selain itu, menspad dari brand lokal ini juga hadir dengan motif menarik dan tas serbaguna untuk membawanya traveling.

7. Babyclo

pembalut kainpembalut kain Foto: dok. Brand

Babyclo merupakan brand yang awalnya menjual popok kain bayi. Namun belakangan disediakan pula menstrual pads untuk wanita dewasa yang punya dua varian ukuran. Dikatakan jika item ini hadir dengan bahan anti bocor dan punya daya serap tinggi sekaligus menghindari bau tidak sedap. Sedangkan bahan bamboo charcoal membuat kulit tetap kering dan fresh selama menstruasi. Item ini dijual Rp 27 ribuan hingga Rp 38 ribuan.

(ami/ami)