Sajadah Salat Dijual Sebagai Karpet, Situs Belanja China Dihujat Netizen

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 07 Jul 2020 12:30 WIB
Sajadah Sajadah Dijual Sebagai Karpet. Foto: Instagram @diet_prada
Jakarta -

Situs belanja China, Shein, jadi sasaran kemarahan umat Islam karena beberapa produknya. E-commerce yang dikenal menjual berbagai barang harga terjangkau itu menyediakan sajadah tapi bukan untuk ibadah. Menyinggung banyak orang Muslim, Shein pun ramai diprotes di media sosial karena menjual sajadah tersebut sebagai karpet.

Sejumlah produk yang sangat mirip sajadah salat dijual di situs Shein tapi disebut sebagai karpet. Padahal jelas-jelas ada gambar Kakbah di tengahnya yang dikenal sebagai tempat suci dan simbol ibadah bagi umat Islam. Sedangkan di produk-produk lain hadir gambar mihrab dan motif geometris lain yang sering ditemukan pada masjid. Tampaknya situs tersebut tidak familiar dengan ornamen-ornamen itu hingga menyebutnya sebagai karpet Yunani.

Penggunaan sajadah bukan untuk sesuatu yang menyangkut ibadah tentu menyinggung umat Islam. Apalagi dalam situs beberapa orang memberi komentar bahwa produk yang dikira karpet tersebut dipakai untuk hewan perliharaan. Hal ini jadi perbincangan di media sosia. Terlebih banyak fakta-fakta lain terungkap mengenai situs yang sebelumnya sering diperbincangkan karena bermasalah itu.

SajadahSajadah Dijual Sebagai Karpet. Foto: Instagram @diet_prada

Di Instagram, pemilik akun @s.khadija.r menuding jika Shein bukan hanya mengambil dan memberi nama baru tapi juga mengambil keuntungan dari sajadah. Sajadah yang biasa digunakan sebagai ibadah dijual sebagai 'flower print tassel trim carpet' hingga 'fringe trim greek fret carpet' sebagai aksesori rumah.

Sedangkan akun Instagram @diet_prada yang mengangkat masalah ini menulis jika Shein terdaftar dalam perusahaan 'jangan dibeli'. Dikatakan jika perusahaan itu kurang transparan dalam aturan-aturannya terhadap lingkungan dan ketenagakerjaan. Terlebih barang-barang dijual dengan harga murah, masalah-masalah itu pun dianggap masuk akal.

SajadahSajadah Dijual Sebagai Karpet. Foto: Instagram @diet_prada

Dalam cuitannya di Twitter, wanita bernama Nabela Noor pun mengatakan hal ini tidak bisa diterima. Ia mengaku telah menghubungi situs belanja itu dan meminta mereka untuk menghapus dan berdiskusi mengenai hal menyinggung bagi umat Islam tersebut. Nabela kemudian berbicara dengan kepala brand dan mereka mengaku telah membuat kesalahan, mengerti jika hal tersebut sangat menyinggung sehingga mereka meminta maaf.

Di akun Instagram, Shein pun telah memberi pernyataan yang sama. "Sebagai brand global, kami berjanji untuk bekerja lebih baik dalam mengedukasi diri kami sendiri mengenai perbedaan kultur, agama, dan tradisi untuk memastikan komunitas yang beragam dihargai dan dihormati," tulis Shein.



Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)