ADVERTISEMENT

Viral Wanita Hemat Biaya Makan Rp 200 Juta, Tapi Caranya Disebut Murahan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 26 Jan 2023 08:00 WIB
Ilustrasi wanita makan donat Foto: Getty Images/iStockphoto/Nitcharee Sukhontapirom
Jakarta -

Seorang mantan trader bernama Vivian Tu viral di TikTok setelah membagikan caranya menghemat pengeluaran. Wanita yang pernah bekerja di Wall Street tersebut punya cara tak biasa untuk membatasi biaya makan. Bukan dengan budgeting atau memaksimalkan bahan makanan, ia mengaku bisa hemat ratusan juta dengan berkencan dengan banyak pacar.

Vivian Tu sering berbagi tips dan trik finansial di akun @YourRichBFF. Dari berbagai konten, videonya mengenai hemat biaya makan belakangan kembali jadi perdebatan. Ia mengatakan pernah berkencan dengan beberapa pria sekaligus agar tidak harus memasak atau membayar bahan makanan dengan uangnya sendiri.

"Ketika mereka bilang wanita tidak bagus dalam mengurus uang tapi kamu pernah pergi kencan enam kali dalam seminggu untuk menghindari belanja bahan makanan," ungkap Vivian di TikTok.

Vivian TuVivian Tu Foto: TikTok

Lebih lanjut Vivian menjelaskan jika hal itu dilakukan selama dua tahun hingga bisa mengumpulkan $15.600 atau Rp 233 juta dalam waktu cukup singkat. "Selama 2016 sampai 2018 aku tidak belanja bahan makanan sama sekali. Mungkin menghemat $150 (Rp 2,2 jutaan) dalam seminggu," ujar Vivian.

Videonya pun menuai perdebatan bahkan beberapa menyebut caranya 'murahan' meski tak sedikit pula yang memuji. "Kalau kamu pintar mengatur keuangan, kamu tidak akan butuh pacar," "Katakan kamu orang yang murahan tanpa benar-benar mengatakannya" "Ini toxic," "Itu sebenarnya cukup jenius," kata netizen di kolom komentar

Jadi viral, Vivian pun kembali menjelaskan mengenai metodenya yang kontroversial. Ia mengaku tidak bermaksud untuk memanfaatkan para pria demi uang tapi memang menikmati keuntungan makan gratis dari mereka yang tertarik padanya. Terungkap bahwa hal itu dilakukan untuk mengimbangi biaya hidup yang tinggi di kota New York.

[Gambas:Instagram]



"Ketika itu, aku bekerja sebagai trader ekuitas dan menghasilkan $95.000 (Rp 1,4 miliaran) tapi pengeluaranku sangat tinggi. Aku tinggal di Manhattan dan membayar sewa apartemen di Hell's Kitchen. Tidak mudah untuk beli makanan. Pasar yang dekat dengan apartemenku sangat mahal aku aku tidak pernah nyaman belanja di sana," jelasnya.

"Daripada seperti itu, aku pergi dengan subway 15 blok ke Trader's Jo dan membawa semua yang bisa aku bawa. Tapi itu tidak mudah dan aku benar-benar harus berpikir secara strategis tentang pembelian," lanjut Vivian.

Vivian pun merasa lingkungannya adalah 'perkemahan' untuk mencari cinta. Karena itu, ia sekaligus memanfaatkannya untuk menghemat waktu dan uang. Meski begitu, Vivian yang kini bekerja sebagai strategy sales partner mengakui ada banyak cara strategis lain untuk menghemat yang tidak menyebabkan 'bad karma'.

(ami/ami)