ADVERTISEMENT

Kisah Wanita Hemat Uang Makan Demi Beli Rumah, Terkumpul Rp 1 M dalam 4 Tahun

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 04 Mei 2022 18:00 WIB
Kwak Ji Hyeon Foto: Dok. SBS
Jakarta -

Banyak orang menabung ekstra demi mendapatkan rumah impian. Tapi cara wanita Korea Selatan bernama Kwak Ji Hyeon ini mengumpulkan uang bisa dibilang ekstrem. Demi punya cukup uang untuk deposit tempat tinggalnya, ia memangkas uang makan. Dalam sebulan, ia bahkan bisa hanya mengeluarkan Rp 90 ribu saja.

Kwak Ji Hyeon patut berbangga dengan kesuksesannya membayar deposit rumah. Di Korea, uang jaminan memang bisa sangat mahal dan berlipat-lipat dari harga sewa karena itu para anak muda kadang butuh usaha keras untuk mengumpulkannya. Untuk bisa punya tempat tinggal yang nyaman, Ji Hyeon pun berhemat dengan bantuan aplikasi yang mengumpulkan poin dan kode kupon. Karena itu, ia bisa mengumpulkan £63.000 (Rp 1,1 miliaran) dalam empat tahun.

Uang Rp 90 ribu per bulan memang kedengarannya tidak mungkin untuk memenuhi makan sebulan apalagi di Korea Selatan. Tapi Ji Hyeon mengaku masih bisa menikmati makanan yang cukup bervariasi berkat kepintarannya berhemat.

Kwak Ji HyeonKwak Ji Hyeon Foto: Dok. SBS

Selain dengan aplikasi untuk mendapat potongan harga, wanita 24 tahun itu juga memilih berjalan daripada menggunakan transportasi umum dan selalu minum dari air keran daripada membeli air kemasan.

Wanita itu pun memanfaatkan berbagai hal yang membuatnya bisa menghasilkan uang atau berhemat. Misalnya ketika menang suatu barang, ia lebih memilih untuk menjualnya daripada dipakai sendiri. Ji Hyeon juga sering ikut lomba bahkan pernah memenangkan perlengkapan apartemen. Karena keahlian uniknya itu, Ji Hyeon bisa mengumpulkan 2 juta won atau Rp 22 jutaan per bulan.

"Aku mendapat pekerjaan ketika berusia 19 tahun dan aku terus bekerja sampai sekarang dan aku sudah mengumpulkan 100 juta won dalam empat tahun dengan bekerja sampingan dan menabung tanpa henti. Tapi aku tidak menyesal," katanya dilansir Mirror.

"Kondisi atau situasi keluargaku pernah memburuk. Sejak itu, aku mengumpulkan (poin atau lomba) secara menggila," lanjut Ji Hyeon.

(ami/ami)