ADVERTISEMENT

Mulai Sejak Dini, 5 Cara Atur Keuangan Agar Hidup Tanpa Utang Saat Pensiun

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 18 Jan 2023 18:18 WIB
Ilustrasi Pinjaman Uang Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Mengatur keuangan bukan hanya penting dilakukan untuk memenuhi tujuan-tujuan finansial terdekat, seperti liburan atau pernikahan. Jika bisa, mulailah sedini mungkin untuk mempersiapkan masa depan di mana kamu tidak lagi produktif untuk mencari nafkah. Selain menabung dana pensiun, kamu dapat memanifestasi kebebasan finansial dengan melakukan cara-cara sederhana tapi bisa membantu kamu hidup tentram di usia senja berikut ini:

1. Bebas Utang
Perencana Keuangan Annisa Steviani menekankan pentingnya mengatur keuangan dengan sehat sedini mungkin, salah satunya adalah dengan mencegah utang. Dalam Kulwap Wolipop#VersiTerbaikmu"Atur Cuan Anti Boncos di 2023", Annisa menyebut bebas utang sebagai cara memanifestasi kehidupan yang tentram di usia 60 tahun.

"Nggak mau kan ya sampai tua masih banyak utang, nggak mau dong anak kerja cuma buat bayarin utang kita? Makanya dibiasakan dari sekarang, hidup secukupnya tanpa utang," ungkapnya.

2. Siapkan dana darurat
Menyiapkan dana darurat sama pentingnya dengan menabung dan berinvestasi. Dengan dana darurat, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk menanggulangi musibah atau pengeluaran mendadak tanpa menggangu tabungan atau berutang. Bagaimana cara agar bisa konsisten mengumpulkan dana darurat?

"Pertama, pastikan kamu sudah yakin 100% penghasilan lebih besar dari semua pengeluaran. Kedua lalu sisa uangnya, sisihkan untuk dana darurat. Definisikan darurat versi kamu. Bisa juga dengan kerja lebih banyak untuk niat mengumpulkan dana darurat lebih cepat. Kalau kerja bisa cepet ngumpulin dana darurat dari THR atau bonus tahunan.

"Ketiga, lunasi utang kalau ada. Keempat, mulai investasi sesuai tujuan keuangan kamu. Jadi bukan cuma "nabung biasa" tapi nabung untuk apa? Karena kalau udah ada tujuan, nabungnya pun jadi lebih terarah," kata Anissa.

3. Punya asuransi
Kamu bisa menyesuaikan asuransi dengan kebutuhan. Agar hidup lebih tentram di usia senja, kamu bisa menyediakan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi dana pensiun, atau asuransi dana pendidikan untuk anak.

4. Sehat fisik dan mental dan finansial
Salah satu kunci dari kebahagiaan adalah sehat fisik dan mental. Apalagi di masa tua, seseorang lebih rentan untuk terkena penyakit. Agar masa senja kamu tidak menghabiskan banyak uang untuk berobat, pastikan kamu menjaga kesehatan dari sekarang. Begitu juga kebebasan finansial agar tidak mengandalkan atau bergantung pada orang lain.

5. Siapkan tempat tinggal permanen
Salah satu faktor penting untuk hidup tentram dan sehat secara finansial adalah memiliki rumah pribadi sedini mungkin. Dengan begitu, kamu bisa menghindari membayar biaya sewa terus menerus.

(ami/ami)