ADVERTISEMENT

Teman Sering Pinjam Uang, Bagaimana Cara Halus Menghindarinya?

Dea Duta Aulia - wolipop Rabu, 29 Jun 2022 12:17 WIB
Ilustrasi Tolak Pinjam Uang Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kemudahan transaksi daring kerap membuat seseorang menjadi lebih lupa diri saat berbelanja. Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja dilakukan asalkan kondisi finansial mendukung.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang kondisi finansialnya rendah justru malah lupa diri saat berbelanja. Imbasnya, mereka akan memanfaatkan orang terdekat agar hasrat belanja mereka terpenuhi dengan cara meminjam uang.

Jika sudah terlanjur menjalin hubungan pertemanan dengan orang-orang tersebut, maka pintar-pintarlah mencari alasan agar tidak terus-terusan 'dijebak' dalam pertemanan toxic. Untuk menghindari orang-orang seperti itu, berikut adalah 5 cara melindungi diri dari orang-orang yang suka pinjam uang demi memenuhi gaya hidup mereka.

Bersikap Waspada kepada Mereka

Kalau kamu sudah mengetahui sikap asli temanmu yang kerap meminjam uang tapi tidak dikembalikan sebaiknya bersikap waspada.

Waspada bukan bertujuan untuk menjaga jarak dengan temanmu. Namun kamu sudah memiliki sejumlah alasan untuk menolak secara halus permintaan temanmu yang akan meminjam uang.

Jangan Terpengaruh

Mereka yang memiliki sifat seperti itu biasanya punya sejumlah cara untuk membuat orang-orang di sekitarnya terpengaruh atau bahkan iba terhadap dirinya. Khusus untuk toxic financial ship biasanya mereka menggunakan sejumlah alasan yang bisa menyentuh hati agar orang lain mau meminjamkan uangnya.

Kuncinya jangan mudah terpengaruh dengan sejumlah alasan yang mereka keluarkan. Serta selalu ingat, beban finansial mereka adalah bukan tanggung jawabmu.

Berani Berkata 'Tidak'

Berani mengucapkan kata 'tidak' merupakan salah satu cara untuk menghindar dari orang-orang seperti ini. Dengan berani mengucapkan hal tersebut maka secara tidak langsung menunjukkan kepada mereka bahwa kamu memiliki pendirian yang tidak mudah dipengaruhi oleh siapapun.

Beritahu Tentang Kebiasaan Mereka

Ketika sudah mengganggu kehidupan, tidak ada salahnya untuk memberitahu mereka bahwa sikap tersebut adalah salah.

Dengan memberitahu mereka, secara tidak langsung kamu bisa membantu mereka untuk menghindari perilaku yang termasuk toxic tersebut lho. Pasalnya perilaku tersebut tidak hanya merugikan orang lain saja, tetapi diri mereka sendiri juga.

Minta Jaminan

Sekalipun kamu meminjamkan uang kepada teman yang toxic sebisa mungkin membuat sebuah perjanjian tertentu. Sehingga temanmu bisa mengembalikan uang secara tepat waktu.

Jika cara tersebut tidak efektif, maka langkah selanjutnya bisa dengan meminta jaminan. Dengan begitu kamu bisa memastikan 100% uang yang dipinjam bisa balik dengan nominal yang sesuai.

Sama seperti dompet digital DANA yang memberikan Garansi 100% Uang Kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi, sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku di aplikasi DANA.

Dompet Digital DANAFoto: DANA


Selain itu, dompet digital yang dilindungi sistem keamanan canggih dan dinamis bernama DANA Protection ini juga memiliki kecanggihan lain yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman saat bertransaksi. DANA juga dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis seperti PIN DANA, Kode OTP dan DANA Viz (untuk verifikasi wajah) yang akan selalu menjaga setiap transaksimu.

Jika ada kendala saat pakai DANA, DANA juga akan memberikan kepastian dan ketenangan kepada user lewat bantuan fitur Pusat Resolusi 24/7 di aplikasi DANA. Di fitur ini, kamu bisa melaporkan kendala sekaligus memantau progres penyelesaian kendala tersebut secara langsung. Plus, kamu juga bisa menghubungi DANA Customer Care 24 Jam lho. Pastinya fitur ini bisa bikin kamu tenang karena ada kepastian yang diberikan, sama ketika temanmu memberi kepastian akan mengembalikan uang yang dipinjam.

Tentu dengan beberapa fitur keamanan tersebut, transaksi menggunakan DANA akan Bebas Cemas & #BebasDrama. Transaksi pun akan menjadi lebih tenang.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download dan pakai DANA sekarang!

(ads/ads)