Mau Merdeka Finansial? 5 Keuntungan Investasi Emas Ini Bisa Jadi Jawaban

Dea Duta Aulia - wolipop Kamis, 26 Mei 2022 09:40 WIB
DANA Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat ini, masyarakat telah mendapatkan banyak pilihan beragam instrumen investasi mulai dari saham, reksadana, properti, emas, dan lainnya. Namun beragam investasi tersebut ternyata juga menghadirkan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi dengan aman, kamu bisa memanfaatkan emas sebagai pilihan yang tepat. Sebab instrumen tersebut tergolong memiliki risiko kerugian yang lebih kecil. Sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir mengalami kerugian saat memasukan dana ke instrumen investasi tersebut.

Tak hanya itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu memilih emas sebagai instrumen investasi. Berikut 5 alasan mengapa emas bisa menjadi pilihan investasi yang tepat untuk menuju merdeka finansial.

Tahan Terhadap Inflasi

Inflasi merupakan salah satu hal yang tidak diharapkan oleh setiap orang. Pasalnya, inflasi menyebabkan uang kehilangan nilainya. Untuk terhindar dari inflasi, kamu bisa melindungi aset yang dimiliki dengan memanfaatkan instrumen investasi emas. Sebab ketika berinvestasi emas, maka kamu bisa meminimalisir margin ketika inflasi tersebut.

Harga Stabil dan Cenderung Meningkat

Dari sisi lain, investasi emas memiliki karakter harga yang cukup unik. Sebab harga emas cenderung stabil dan bahkan meningkat. Jika melihat data, tercatat harga emas pada 2015 pada kisaran Rp476 ribu per gram dan saat ini sudah tembus sampai Rp984 ribu per gram. Selisih harga tersebut tentu menghadirkan keuntungan tersendiri bagi para investor emas. Bayangkan jika kamu sudah menabung emas dari tahun 2015, berapa keuntungan yang sudah kamu dapat sekarang?

Dapat Digunakan untuk Keperluan Masa Depan

Mempersiapkan kondisi finansial tetap terjaga di masa depan merupakan hal yang perlu dilakukan sedini mungkin. Sebab tidak ada satu orang pun yang tau kebutuhan apa saja yang akan hadir di masa depan.

Oleh karena itu, memanfaatkan instrumen investasi emas merupakan salah satu pilihan tepat agar beragam kebutuhan finansial di masa depan bisa terpenuhi. Sebab emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat mudah untuk dicairkan. Emas juga bisa dijadikan sebagai salah satu jaminan ketika kamu sedang membutuhkan dana darurat.

Bisa Diwariskan ke Generasi Lain

Selain ketiga keunggulan tersebut, emas bisa menjadi salah satu cara bagi kamu yang ingin memberikan warisan kepada anak cucu tercinta. Sebab emas tergolong investasi yang tidak 'mati' dimakan zaman yang artinya investasi itu sudah lama digunakan oleh banyak orang dan di masa depan pun akan masih diminati.

Mudah untuk Dijual dan Dibeli

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, emas merupakan salah satu instrumen yang mudah untuk diperjualbelikan.

Khusus untuk emas fisik, kamu bisa membeli dan menjual instrumen investasi tersebut di sejumlah toko perhiasan yang banyak tersebar di berbagai daerah.

Tidak jauh berbeda dengan emas fisik, emas digital digital pun mudah untuk diperjualbelikan. Namun yang membedakannya, emas digital bisa kamu beli atau jual hanya dengan smartphone. Kamu juga tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk menjual atau membeli emas di toko perhiasan.

Bagi kamu yang ingin memulai berinvestasi emas bisa memanfaatkan fitur eMAS dari dompet digital DANA. Fitur tersebut menghadirkan banyak kemudahan bagi kamu yang ingin memulai investasi emas. Hanya bermodalkan smartphone, kamu bisa langsung melakukan pembelian atau penjualan emas pada fitur tersebut.

DANA Foto: DANA

Selain itu, eMAS pun turut menghadirkan kemudahan untuk mengetahui momentum menjual dan membeli emas yang tepat. Sebab kamu bisa melihat grafik harga beli dan jual emas langsung di aplikasi, yang pastinya bisa bantu kamu untuk menghindari kerugian dan memperkuat kesempatan untuk dapat keuntungan. Nantinya eMAS yang kamu miliki ini juga bisa kamu cetak fisik lho!

Buat kamu yang belum pernah nyoba berinvestasi eMAS, yuk coba sekarang! Kamu bisa dapat cashback hingga Rp20Rb di transaksi pertamamu lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi DANA dan mulai investasi eMAS.

(ads/ads)