Wajib Dicoba! 3 Jurus Jitu Raih Merdeka Finansial dari Muda

Angga Laraspati - wolipop Kamis, 16 Jun 2022 13:34 WIB
Kebebasan Finansial Foto: Shutterstock
Jakarta -

Uang memang bukan segalanya, namun finansial yang tidak mendukung kerap menjadi penghambat seseorang untuk meraih apa yang diinginkan. Tak sedikit yang terpaksa harus mengikhlaskan cita-cita mereka karena finansial yang tidak mendukung.

Agar cita-cita atau apa yang diinginkan bisa tercapai, tentu salah satu caranya adalah dengan merdeka finansial dan kerja keras. Memang tak mudah untuk mencapai tahap ini, tapi bukan tidak mungkin seseorang bisa merdeka finansial di usia muda.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meraih merdeka finansial sedini mungkin, dikutip dari berbagai sumber.

Hindari Hedonisme

Hedonisme adalah gaya hidup yang berfokus mencari kesenangan dan kepuasan tanpa batas. Sifat ini berusaha menghindari hal-hal yang menyusahkan dengan memaksimalkan perasaan menyenangkan, seperti perilaku belanja boros hingga kebiasaan membeli fast food yang tidak sehat.

Sebenarnya sifat ini punya sisi positif yaitu mengajak seseorang menikmati kehidupan dengan kebahagiaan untuk menghindari kesedihan. Tapi, banyak orang yang larut dalam kesenangan dan terjerumus sehingga bisa berakibat fatal pada keuangan.

Ada beberapa dampak negatifnya antara lain orientasi keuangan yang tidak jelas, struktur keuangan menjadi tidak sehat, tak adanya dana darurat dan investasi dan tidak memiliki perencanaan uang jangka panjang.

Mulai Berinvestasi

Banyak orang yang berasumsi butuh penghasilan yang besar untuk mencapai merdeka finansial. Faktanya hal tersebut belum tentu benar, karena beberapa rumah tangga dengan pendapatan tinggi mungkin memiliki hutang yang besar.

Oleh karena itu, alih-alih mengumpulkan kekayaan melalui pendapatan atau warisan, banyak orang menjadi kaya karena menabung dan menginvestasikan uang secara konsisten. Ada beberapa investasi yang bisa dilakukan, dan bila bingung memilih investasi yang tepat bisa ditanyakan ke penasihat.

Dengarkan Masukan Para Ahli

Beberapa orang mungkin sudah merasa nyaman dalam mengelola uang dan investasi masing-masing. Meski begitu, tak ada salahnya mendengarkan masukan beberapa ahli di bidang keuangan dan investasi untuk mencapai merdeka finansial.

Bertemu dengan perencana keuangan atau penasihat dapat membantu seseorang mengevaluasi situasi keuangan dan memetakan strategi untuk masa depan. Para ahli dan profesional ini juga dapat memberikan saran dan tips objektif yang mungkin bisa dicoba.

Apalagi dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, membuat arus informasi mengalir deras. Acap kali ada beberapa ahli di bidang keuangan yang bisa memberikan beberapa tips di akun media sosial mereka.

Tapi jangan salah juga ada juga beberapa dari mereka yang tidak berkompeten khususnya dalam bidang finansial kerap bersuara yang justru bisa mengaburkan suatu informasi. Di tengah fenomena tersebut, mengedepankan informasi yang bersumber dari para ahli adalah kunci.

Agar tidak salah informasi, bisa juga mengikuti webinar DANA Virtual Expert Talks live di detik.com pada Jum'at, 17 Juni 2022 pukul 14.00 - 15.00 WIB, yang akan memberikan beberapa tips untuk mencapai merdeka finansial.

Kebebasan FinansialDANA

Mengangkat tema 'Merdeka Finansial dari Sekarang' acara ini diisi oleh sejumlah narasumber yang relevan dalam bidangnya. Ada ilmu-ilmu baru tentang cara-cara untuk merdeka finansial dari muda bersama Fellexandro Ruby (Financial Influencer & Content Creator) dan Felicia Tjisaka (Financial Storyteller & Co-Founder Ternak Uang).

Selain mendapatkan ilmu baru, raih juga berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah Saldo DANA & eMAS jutaan rupiah.

Biar nggak makin penasaran, yuk gabung webinar DANA Virtual Expert Talks! Catat waktunya dan jangan sampai ketinggalan ya.

(ads/ads)