Cara Hemat Wanita Pangkas Tisu Toilet untuk Lunasi Utang Rp 1 M, Diganti Kain

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 24 Mei 2022 15:37 WIB
tisu toilet Foto: via IFL Science
Jakarta -

Membayar utang harus disegerakan agar tidak bertambah banyak dan bunganya menumpuk. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang tambahan dan melunasinya adalah dengan berhemat. Seorang wanita punya cara unik yang mungkin tidak terpikirkan untuk membayar utangnya yang mencapai Rp 1 miliaran. Ia mengurangi pemakaian tisu toilet yang ternyata cukup membantu.

Seorang wanita bernama Amber Allen sering membagikan caranya berhemat dan menabung di akun YouTube Fairly Local Family. Dalam salah satu kontennya, ibu tiga anak tersebut mengaku pernah berutang hingga £56.000 atau sekitar Rp 1 miliaran. Karena itu, ia harus melakukan beberapa pengorbanan, termasuk tisu toilet.

Amber mengaku keluarganya sudah hidup tanpa tisu toilet yang tidak biasa untuk orang-orang di Kanada selama tiga tahun. Dengan cara tersebut, ia sudah bisa menghemat sekitar £700 atau Rp 12 jutaan.

Amber Allen sering membagikan caranya berhemat dan menabung di akun YouTube, Fairly Local Family.Amber Allen sering membagikan caranya berhemat dan menabung di akun YouTube, Fairly Local Family. Foto: YouTube

"Kami menggunakan kain daripada tisu toilet selama tiga tahun sekarang. Kami mencoba untuk melunasi utang senilai $70.000 jadi kami mengurangi berbagai hal sebisa mungkin," katanya dilansir Dailystar.

"Kami makan sangat hemat tapi sehat. Dan tiba-tiba suatu hari aku terpikir, mengapa kami menggunakan tisu toilet? Kami benar-benar membuang uang ke toilet. Aku hanya tidak bisa berpikir mengapa kita harus melakukan itu," lanjut Amber.

Untuk menggantikan tisu toilet, keluarga mereka awalnya memakai kain dari baju-baju bekas. Ia memotongnya menjadi lebih kecil untuk disimpan di kamar mandi. Tapi setelah dilakukan cukup lama ia sadar teknik itu kurang bagus karena kain jadi bolong setelah sering dicuci.

Setelah melakukan riset, Amber menemukan bahan yang lebih efektif yakni flannel. Ia lalu membeli flannel bekas dari Facebook yang tidak terpakai tapi masih baik. Ketika digunakan, Amber pun memastikan jika kain-kain untuk pengganti tisu toilet bekas pakai nantinya dicuci terpisah dari busana lain.

Memangkas tisu toilet mungkin belum cukup untuk membantu melunasi utang Rp 1 miliar. Selain dengan cara itu, keluarga Amber melakukan pengorbanan lain, seperti memberhentikan langganan Netflix dan belanja kurang penting lainnya.

(ami/ami)