Kisah Mahasiswa Beli Rumah Sebelum Usia 20, Hemat & Menabung Sejak Usia 15

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 22 Mei 2022 08:00 WIB
Beautiful young woman looking through the window while enjoying fresh air Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivan Nadaski
Jakarta -

Seorang remaja bernama Isabella Hunter mendapat pujian karena sudah bisa beli rumah di usianya yang masih muda. Bukan dengan uang orang tua atau sudah punya pekerjaan mapan, ia mengumpulkan modalnya dari bekerja selagi belajar. Di usia yang belum menginjak 20 tahun, Isabella sudah punya cukup uang untuk bisa tinggal di rumahnya sendiri.

Isabella Hunter baru saja membeli rumah pertamanya seharga £17.000 atau Rp 310 juta di usia 19 tahun. Wanita asal Inggris tersebut memang sudah mulai mengumpulkan uang sejak usia 15 tahun hingga bisa membeli rumah dua kamar. Mahasiswa itu mendapatkan uangnya dengan berhemat dan menjadi pelayan restoran ketika akhir pekan.

Wanita tersebut tidak datang dari keluarga berada, diwarisi uang, atau seorang selebriti. Untuk bisa beli rumah, Isabella mengaku harus mengorbankan berbagai hal, termasuk hangout dengan teman-teman. Ia juga memilih menggunakan waktu senggang untuk bekerja.

"Aku jarang keluar malam (dengan teman-teman) dan aku selalu membawa bekal makan siang saat bekerja daripada membeli setiap hari. Aku menabung banyak uang yang diberikan saat ulang tahun atau Natal," ujarnya dilansir Mirror.

Isabella bisa membeli rumah di usia belasan tahun terutama karena motivasinya. Ia juga 'berterima kasih' pada situasi pandemi yang membantunya mengumpulkan lebih banyak uang.

"Lockdown benar-benar membantuku untuk bekerja dan menabung lebih. Aku tetap termotivasi karena aku tahu apa yang aku mau dan aku tahu pengorbanan kecil akan jadi sepadan ketika aku punya rumah sendiri," kata Isabella.

Mahasiswa keperawatan itu mengaku memang suka menabung. Ia selalu memisahkan uang agar ditabung terlebih dahulu di akun terpisah sebelum digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk memaksimalkan pendapatan, Isabella juga berusaha untuk produktif yakni dengan bekerja di akhir pekan dan lembur. Penghasilannya per tahun pun bisa mencapai £12.000 atau Rp 219 juta.

Tak cukup hanya dengan bekerja dan menabung, Isabella tentu juga berhemat. Untuk mengurangi pengeluaran, ia sering membeli barang-barang bekas, termasuk untuk perabotan di rumah baru. Ingin mengikuti gaya hidup hemat Isabella Hunter agar bisa segera beli rumah?

(ami/ami)